Imam Shamsi Ali
Imam Shamsi Ali

Terorisme Itu Kekerasan, Pengrusakan, Pembunuhan, Sedangkan Agama adalah “Rahmah”

Jakarta – Terorisme tidak mengenal batas-batas, apakah itu batas ras, etnis, dan juga agama. Terorisme tidak mengenal batas agama, karena memang tidak mengenal agama, bahkan tidak beragama.

“Karenanya hentikan terorisme labelisasi terorisme dengan agama apapun. Biarlah teror pada dirinya sendiri,” ujar Presiden Nusantara Foundation yang juga Imam Besar Islamic Center New York, Imam Shamsi Ali dalam pesannya dikutip dari laman Okezone, Senin (5/4/2021).

Shamsi mengungkapkan, ketika teror dikaitkan dengan agama maka itu adalah self paradoks. Artinya dua hal yang dikaitkan padahal secara esensi bertentangan.

“Terorisme itu kekerasan, pengrusakan, pembunuhan. Agama itu adalah “Rahmah” (kasih sayang) dan cinta kasih, membawa kebaikan, dan menjaga kehidupan. Lalu di mana kaitannya.

Karenanya ia mengajak semua pihak untuk berpikir waras dan sederhana saja dalam menyikapi hal-hal yang terjadi dalam dunia. Intinya, siapa saja bisa menjadi pelaku teror, dan siapa saja bisa jadi korban teror.

“Tapi yang pasti pelaku teror tidak didasari oleh ajaran agama. Karena jelas teror adalah antithesis (lawan) dari semua yang diajarkan agama. Sebaliknya, hidup itu sakral, perdamaian, persaudaraan, peradaban, dan tentunya nilai-nilai moral dan akhlakul karimah itu sendiri.

Tentu tidak kalah pentingnya, kata dia, berani menyelami akar dari setiap permasalahan hidup. Jika ada pohon, pasti ada akarnya. Jika ada air, pastinya ada mata air. Jika ada tindakan kekerasan, termasuk teror, pasti ada penyebabnya.

Dan pengalaman dunia mengatakan bahwa terorisme yang terjadi di banyak belahan dunia, satunya disebabkan oleh hilangnya rasa keadilan (sense of justice) dalam kehidupan manusia. “Mari kita jadikan terorisme sebagai musuh bersama kemanusiaan kita. Salah satunya dengan menjadikan ragam ketidak adilan sebagai musuh bersama (shared enemy) kita,” pungkas Shamsi Ali.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Antisipasi Terorisme, Austria Wajibkan Pendaftaran Imam Masjid

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

jemaah khilafatul muslimin deklarasikan setiap pada pancasila dan nkri

Nyatakan Setia Pada Pancasila dan NKRI, 53 Anggota Khilafatul Muslimin di Jatim Deklarasi Dihadapan Kapolda, NU dan Muhammadiyah

Surabaya – Pasca penangkapan pemimpin Khilafatul Muslimin, Abdul Qadir Hasan Baraja di Lampung, beberapa ketua …

menpan rb tjahjo kumolo di kota magelang kamis

Innalillahi Wainnailaihi Rojiun, Tjahjo Kumolo Berpulang Kerahmatullah

Jakarta – Innalillahi Wainnailahirojiun, telah berpulang kerahmatullah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) …