Korea Utara tuduh Israel lakukan genosida di Palestina
Korea Utara tuduh Israel lakukan genosida di Palestina

Tiba-tiba Berkomentar Tentang Palestina, Korut: Israel Lakukan Genosida dan Kejahatan Terhadap Kemanusiaan di Palestina

Pyongyang – Korea Utara (Korut) dikenal sebagai negara komunis yang jarang berkomentar tentang konflik di negara-negara lain. Sejauh ini, Korut lebih suka ‘berantem’ dengan Amerika Serikat dan Korea Selatan (Korsel).

Namun tiba-tiba, negeri yang dipimpin diktator Kim Jong Un ini berkomentar tentang konflik Palestina-Israel. Korut menuduh serangan Israel terhadap rakyat Palestina di Jalur Gaza (Gaza Strips) sebagai genosida dan kejahatan terhadap kemanusiaan menargetkan anak-anak selama “Operation Guardian of the Walls” pada bulan lalu.

Korsel menegaskan, serangan rudal Israel yang katanya ditujukan kepada pejuang-pejuang Hamas namun menewaskan ratusan warga sipil, ada ibu hamil dan anak-anak. Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Korut di Pyongyang menegaskan Tel Aviv telah melakukan aksi terorisme.

“Israel memiliki semangat misantropis yang ekstrem dan ambisi untuk ekspansi teritorial dan terlibat dalam terorisme yang disponsori negara dan tindakan melenyapkan negara lain,” bunyi pernyataan Kemenlu Korut.

Menurut pernyataan tersebut, bukan hal berlebihan jika menyatakan seluruh Jalur Gaza telah berubah menjadi rumah jagal manusia yang besar dan tempat pembantaian anak-anak. Korut mengatakan tindakan yang dituduhkan Israel adalah kejahatan terhadap kemanusiaan yang menantang masa depan umat manusia.

“Menabur benih kebencian dengan menekan upacara doa damai orang Palestina,” ujar Pyongyang merujuk pada aksi polisi memasuki Masjid al-Aqsa untuk memadamkan kerusuhan, dikutip dari Jerusalem Post via laman ihram.co.id.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pun dinilai berusaha menyembunyikan kejahatan dengan membunuh anak-anak dan rakyat kecil. Padahal, mereka mengklaim sebagai satu-satunya negara demokrasi di Timur Tengah.

Korut memiliki sejarah panjang menyatakan tindakan anti-Israel, termasuk mengirim pilot untuk membantu Mesir dalam Perang Yom Kippur dan memasok senjata ke musuh-musuh Israel, seperti Iran dan Suriah.  Pyongyang juga pernah membantu Suriah mengembangkan senjata nuklir, yang dihancurkan Israel pada 2007.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  PM Palestina Kecam Ekspansi Permukiman Israel Yang Terus Berlanjut

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

000101500 1632234054 830 556

Isu Perpecahan Mencuat di Tubuh Petinggi Taliban, Berikut Laporan Aljazirah

KABUL – Taliban menguasai Afganistan setelah berhasil memasuki ibu kota dan menduduki istana kepresidenan di …

Serah terima bantuan rumah dari Laznas Baitulmaal Muamalat kepada mantan pengikut aliran Hakekok Balakasuta

Laznas Baitulmaal Muamalat Serahkan Rumah Harapan Untuk Mantan Penganut Hakekok Balaksuta

Pandeglang – Masih ingat dengan penganut aliran kepercayaan Bakekok Balakasuta yang pernah menghebohkan Pandeglang dengan …