Kelompok bersenjata di Kongo
Kelompok bersenjata di Kongo

Tolak Radikalisme, Ulama Sedang Salat di Masjid Tewas Ditembak Teroris

Beni – Seorang ulama bernama Syekh Ali Amin dikenal sebagai salah satu penentang gerakan radikalisme dan terorisme di Kongo. Hal itulah yang membuat ia menjadi incaran kelompok bersenjata dan kelompok teroris di negara di kawasan Afrika Tengah itu.

Sikap itulah yang akhirnya mengakhiri hidup Syekh Ali Amin. Ia tewas saat melaksanakan salat di Masjid setelah diberondong peluru kelompok teroris bersenjata di Kongo.

Syekh Ali Amin, seorang ulama dan imam yang mewakili komunitas Islam di kota Beni, DRC, ditembak mati oleh KKB pada Sabtu malam akhir pekan kemarin, saat salat di sebuah masjid.

Wali Kota Beni, Modeste Bakwanamaha, mengatakan Syekh Ali Amin ditembak sekitar pukul 19.00 waktu setempat.

Menurut pejabat militer setempat, seperti dikutip Anadolu Agency, Senin (3/5/2021), ada ancaman serius terhadap imam yang menentang radikalisme dan kelompok bersenjata setempat.

Para pembunuh belum diidentifikasi. Namun, kelompok Allied Democratic Forces (ADF) aktif di DRC timur. Pemberontak ADF—yang berasal dari timur laut Uganda pada 1990-an—telah menyerang dan membunuh warga sipil, serta personel PBB di DRC timur selama beberapa tahun terakhir.

Untuk menahan kelompok bersenjata tersebut, Presiden Félix Tshisekedi mengumumkan keadaan pengepungan pada hari Jumat di provinsi Kivu Utara dan Ituri, yang berbatasan dengan Uganda.

ADF sebelumnya menggerebek desa Kyaninga, yang berbatasan dengan Uganda, pada Kamis malam dan menewaskan enam warga sipil.

DRC telah diganggu oleh kekerasan selama bertahun-tahun karena beberapa kelompok pemberontak saling berperang satu sama lain atau pun melawan militer negara dan pasukan PBB. Menurut PBB, eksploitasi sumber daya alam terus menerus menjadi akar penyebab dan pemicu konflik, dengan sebagian besar kelompok bersenjata mengesampingkan tuntutan politik mereka dan terlibat dalam perdagangan mineral.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Kemendes Gandeng BPIP, Lakukan Pencegahan Intoleransi dan Radikalisme Berbasis Desa

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Ali Kalora

Pentolan Teroris Mujahidin Indonesia Timur Ali Kalora Tewas Ditembak Satgas Madago Raya

Palu – Setelah melakukan perburuan intensif, Satgas Madago Raya akhirnya berhasil menembak mati tokoh teroris …

Dr Adnan Anwar

Silaturahmi Nasional Penting Sebagai Sarana Tabayyun Dalam Menjaga NKRI

Jakarta – Dalam konteks berbangsa dan bernegara, persaudaraan tidak hanya dibangun atas dasar persamaan keyakinan, …