Ali Kalora
Ali Kalora

Pentolan Teroris Mujahidin Indonesia Timur Ali Kalora Tewas Ditembak Satgas Madago Raya

Palu – Setelah melakukan perburuan intensif, Satgas Madago Raya akhirnya berhasil menembak mati tokoh teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Ali Kalora dan salah satu anggotanya, Joko Ramadhan. Keduanya tewas setelah terjadi baku tembak di Desa Astina, Kecamatan Torue, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah (Sulteng), Sabtu (19/9/2021).

Dari foto yang beredar, tampak seseorang berambut panjang terjatuh di tanah. Tampak ada senjata. Sementara itu, terlihat senjata api (senpi) laras panjang yang tergeletak di belakangnya.

.”Kita mengamankan lokasi. Ada sebagian juga mengejar empat orang lain di TKP di lokasi berbeda tapi tak bisa disebutkan lokasinya karena takut yang bersangkutan kabur,” kata Kapolda Sulteng Irjen Rudy Sufahriadi.

“Ya, ada 6 DPO. Tertembak 2, sisa 4 orang ini orang Bima semuanya, simpatisan yang terpengaruh konflik Poso zaman dahulu, termasuk kelompok Santoso dulu,” ujar Irjen Rudy.

Rudy mengungkapkan, dalam kontak tembak itu tidak ada personel Madago Raya yang terluka dalam baku tembak tersebut.

Ia mengatakan jasad kedua anggota MIT itu akan dievakuasi pada Minggu (19/9/2021) pagi. Itu dilakukan karena ada barang bukti bom yang dibawa kedua teroris itu.

“Kita akan evakuasi, kemungknan pagi nanti. Karena barang bukti ada bom, tadi ada bom meledak juga,” kata Rudy.

Rencanaya, sebelum evakuasi, akan disterilisasi barang bukti yang membahayakan tersebut. Pasalnya, saat terjadi kontak tembak, salah satu bom sempat meledak.

“Baku tembak itu meledak di Jaka Ramadhan. Ini ada bekas bomnya meledak ini. Entah dia ingin melempar atau ingin bunuh diri,” ucap dia

Dengan tumbangnya Ali Kalora dan Joko Ramadhan, maka Satgas Madago Raya tinggal memburu empat orang lagi anggota MIT yakni Askar alias Jaid alias Pak Guru, Nae alias Galuh alias Mukhlas, Rukli, dan Suhardin alias Hasan Pranata.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Erick Thohir: Gandeng Muhammadiyah dan MUI Untuk Ceramah di Masjid BUMN

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

pwnu dki jakarta menyalurkan keasiswa kepada santri

Peringati Hari Santri, PWNU DKI Jakarta Salurkan Beasiswa 200 Santri

JAKARTA  – Akar historis Hari Santri adalah tercetusnya Resolusi Jihad yang dikeluarkan oleh KH Hasyim …

Pondok pesantren

Pesantren Berperan Besar Sebarkan Ajaran Islam ke Seantero Nusantara

Jakarta – Pesantren berperan besar dalam memperkuat pendidikan Islam dan generasi bangsa. Melalui pesantren juga, …