Direktur Pencegahan BNPT Brigjen Pol R Ahmad Nurwakhid SE MM saat silaturahmi dengan masyarakat Badui
Direktur Pencegahan BNPT Brigjen Pol R Ahmad Nurwakhid SE MM saat silaturahmi dengan masyarakat Badui

BNPT Imbau Sisa DPO MIT Tobat dan Menyerah Serta Beragama Secara Moderat

Jakarta –Pimpinan teroris Mujahidin Indonesia Teroris (MIT) Ali Kalora tewas dalam kontak tembak dengan Satgas Madago Raya di Desa Astina, Kecamatan Torue, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah (Sulteng), Sabtu (19/9/2021). Selain Ali Kalora, salah satu anggotanya, Jaka Ramadhan juga tewas.

Direktur Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Brigjen Pol. R. Ahmad Nurwakhid, SE, MM, meminta sisa 4 DPO MIT segera menyerah dan bertobat, serta beragama secara moderat. Menurutnya, dengan tewasnya Ali Kalora dan Jaka Ramadhan, posisi mereka sudah sangat terjepit.

“Kami mengimbau agar mereka segera bertaubat dan menyerah ke pemerintah, serta beragama secara moderat dan tidak ekstrem,” kata Nurwakhid.

Imbauan itu diungkapkan karena dengan tewasnya Ali Kalora dan Jaka Ramadhan kekuatan MIT berkurang secara signifikan. Bila tidak menyerah, mereka akan mengalami nasib sama.

Namun, kata Nurwakhid, BNPT belum melihat adanya indikasi kelompok teroris MIT menyerahkan diri.

Sebelumnya, BNPT menyatakan tetap bertindak waspada terhadap serangan balasan MIT yang mungkin terjadi pasca kematian Ali Kalora dan Jaka Ramadhan. Menurutnya, teroris yang memiliki paham takfiri (mengafirkan), cenderung bersikap reaktif, memiliki kebencian, dan memendam dendam.

“Karakter orang-orang radikal atau teroris ini kan reaktif, dia ingin dendam, ingin membalas. Itu pasti ada mereka, tapi kami sudah siap siaga untuk itu. Kami antisipasi segala sesuatunya dan kami berharap semoga tidak terjadi,” ujar Ahmad.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Jaringan Kelompok Teroris MIT dan ISIS Masih Bergerilya, Densus 88 Berhasil Tangkap 24 Terduga Teroris di 3 Lokasi Berbeda

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Menko PMK Muhadjir Effendy

Organisasi Keagamaan Dapat Berperan Sebagai Pusat Pengembangan Narasi Moderasi Beragama

Surabaya – Moderasi beragama adalah jalan terbaik untuk mewujudkan Indonesia yang damai dan kuat ditengah …

Brigjen Ahmad Nurwakhid pada Tabligh Akbar JATMAN DIY dan Jawa Tengah

JATMAN Mitra Strategis BNPT Jalankan Kebijakan Pentahelix

Sleman – Badan Nasional Pdnanggulangan Terorisme (BNPT) terus berupaya menjalankan program kebijakan Pentahelix dalam penanggulangan …