Direktur Pencegahan BNPT Brigjen Pol R Ahmad Nurwakhid SE MM saat silaturahmi dengan masyarakat Badui
Direktur Pencegahan BNPT Brigjen Pol R Ahmad Nurwakhid SE MM saat silaturahmi dengan masyarakat Badui

BNPT Imbau Sisa DPO MIT Tobat dan Menyerah Serta Beragama Secara Moderat

Jakarta –Pimpinan teroris Mujahidin Indonesia Teroris (MIT) Ali Kalora tewas dalam kontak tembak dengan Satgas Madago Raya di Desa Astina, Kecamatan Torue, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah (Sulteng), Sabtu (19/9/2021). Selain Ali Kalora, salah satu anggotanya, Jaka Ramadhan juga tewas.

Direktur Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Brigjen Pol. R. Ahmad Nurwakhid, SE, MM, meminta sisa 4 DPO MIT segera menyerah dan bertobat, serta beragama secara moderat. Menurutnya, dengan tewasnya Ali Kalora dan Jaka Ramadhan, posisi mereka sudah sangat terjepit.

“Kami mengimbau agar mereka segera bertaubat dan menyerah ke pemerintah, serta beragama secara moderat dan tidak ekstrem,” kata Nurwakhid.

Imbauan itu diungkapkan karena dengan tewasnya Ali Kalora dan Jaka Ramadhan kekuatan MIT berkurang secara signifikan. Bila tidak menyerah, mereka akan mengalami nasib sama.

Namun, kata Nurwakhid, BNPT belum melihat adanya indikasi kelompok teroris MIT menyerahkan diri.

Sebelumnya, BNPT menyatakan tetap bertindak waspada terhadap serangan balasan MIT yang mungkin terjadi pasca kematian Ali Kalora dan Jaka Ramadhan. Menurutnya, teroris yang memiliki paham takfiri (mengafirkan), cenderung bersikap reaktif, memiliki kebencian, dan memendam dendam.

“Karakter orang-orang radikal atau teroris ini kan reaktif, dia ingin dendam, ingin membalas. Itu pasti ada mereka, tapi kami sudah siap siaga untuk itu. Kami antisipasi segala sesuatunya dan kami berharap semoga tidak terjadi,” ujar Ahmad.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Moderasi Beragama Kunci Terciptanya Toleransi dan Kerukunan

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Dr KH Adnan Anwar

Membangun Kebanggaan Nasional untuk Lawan Intoleransi, Radikalisme dan Terorisme

Jakarta – Semangat nasionalisme pada Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) menandakan rumusan identitas kebangsaan yang tidak …

uas ditolak masuk singapura berikut hal yang diketahui sejauh ini

Ormas Perisai Pendukung UAS Demo Kedubes Singapura Siang Ini

Jakarta – Penolakan Pemerintah Singapura terhadap Ustadz Abdul Somad (UAS) yang hendak memasuki wilayah Singapura …