masjid patimburak
masjid patimburak

Unik dan Bersejarah, Inilah Masjid Tua di Papua sebagai Simbol Kerukunan

Seakan tidak terlalu popular ketika berbicara tentang Islam di Papua. Wajar karena Provinsi ini memang dikenal dengan wilayah yang mayoritas Kristen. Namun, ternyata ada masjid tua Patimburak yang memiliki konsep filosofi “satu tungku tiga batu” di wilayah ini. Masjid ini berada di Kampung Patimburak, Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat.

Masjid Patimburak merupakan masjid pertama yang berdiri di tanah Papua. Masjid ini menawarkan bentuk arsitektur unik sekaligus nilai filosofis yang mendalam. Masjid Al Yasin, begitulah namanya, didirikan seorang imam yang ditugaskan untuk menyebarkan Islam ke Papua. Imam tersebut bernama Abuhari Kilian dari kesultanan Ternate. Kala itu warga di kabupaten Fakfak, baik yang memeluk agama Islam maupun Nasrani, bergotong royong membangun masjid itu tahun 1870.

Dari segi arsitektur asli masjid ini memiliki pengaruh arsitektur Belanda dan Jawa yang harmonis. Kubah masjid tersebut menyerupai kubah gereja di Eropa, ventilasi berbentuk lingkaran, serta aksen kayu di dinding seperti bangunan kolonial. Empat buah tiang penyangga di dalam bangunan menjadi salah satu ciri khas arsitektur Jawa.

Simbol Kerukunan Umat

Bangunan masjid ini juga memiliki filosofi dari bentuk bangunannya yang tidak terlepas dari ajaran Islam itu sendiri. Ciri bangunan yang khas berbentuk segi enam melambangkan rukun iman, sebagai pondasi dalam beragama. Sedangkan alas kubahnya yang bersegi delapan melambangkan 8 arah mata angin. Mata angin barat ditandai dengan mihrab sebagai kiblat salat.

Satu tungku tiga batu mengandung arti tiga posisi penting dalam keberagaman baik dalam hal agama maupun kekerabatan etnis di Fakfak. Satu tungku tiga batu memiliki arti tungku tersusun atas tiga batu berukuran sama. Ketiga batu ini, diletakkan dalam satu lingkaran pada jarak tertentu sedemikian hingga posisi ketiganya seimbang untuk menopang tungku.

Baca Juga:  Kisah Inspiratif Ketika Khilad bin Walid Menaklukkan Irak

Tungku yang berkaki tiga membutuhkan keseimbangan yang mutlak. Jika satu dari ketiga tersebut rusak, maka tungku tidak dapat digunakan untuk memasak. Makna agama dalam konsep filosofi satu tungku tiga batu dilambangkan sebagai tiga agama yang sama kuat dan menjadi kesatuan yang seimbang untuk menopang kehidupan dalam keluarga.

Tiga agama yang dimaksudkan ialah Islam, Kristen Protestan dan Katolik. Agama Islam, Kristen Protestan dan Katolik diakui sebagai agama keluarga di Fakfak. Karena itu, dalam kebersamaan tiga agama tersebut berkembang kehidupan yang harmonis meski dalam satu keluarga memeluk tiga agama yang berbeda.

Semboyan Tiga Batu Satu Tungku juga bisa diartikan sebagai sinergi yang harmonis antara tiga elemen masyarakat dalam pembangunan, yakni Adat, Agama, dan Pemerintah. Sinergi artinya mengelola perbedaan agar tidak menimbulkan perpecahan. Karena itulah Pemerintah Kabupaten Fakfak menjadikan “Tiga Batu Satu Tungku” sebagai modal dasar pembangunan di daerahnya.

Kerukunan itu juga dipraktikan dalam perayaan hari-hari besar keagamaan. Warga Muslim sering diundang perayaan Natal. Demikianpun sebaliknya. Dengan filosofi Satu Tungku Tiga Batu di Kabupaten Fakfak terasa begitu relevan untuk terus dipertahankan sampai kapanpun agar dalam keseharian interaksi sosial mereka bisa berlangsung tanpa sekat. Sebuah kearifan lokal yang patut ditiru oleh daerah lain sebagai bentuk keberagaman dan kebhinekaan yang ada di Indonesia.

Kemajemukan masyarakat Fakfak, tetap memandang dirinya berasal dari satu rumpun kerabat, satu leluhur, jauh sebelum agama-agama tersebut menyebar di Fakfak. Filosofi sederhana “Satu Tungku Tiga Batu” dari Fakfak ini bisa menginspirasi seluruh anak bangsa untuk menjaga kerukunan umat beragama di Tanah Air. Meskipun berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

Bagikan Artikel ini:

About Sefti Lutfiana

Mahasiswa universitas negeri jember Fak. Hukum

Check Also

siswa aniaya guru

Akhlak Siswa yang Hilang kepada Gurunya

Guru memiliki peran penting dalam kehidupan seseorang. Jasanya telah menghantar beberapa orang meraih mimpi dan …

ridha orang tua

5 Kunci dalam Al-Qur’an untuk Mendapatkan Ridha Orang Tua

Setiap orang tua mengidamkan untuk memiliki anak yang berbakti. Begitu pula seorang anak juga mempunyai …