logo bareskrim mabes polri
logo bareskrim mabes polri

Usai Jozeph Paul Zhang Mengaku Sebagai Nabi Ke-26, Kini Muncul Muhammad Kece Hina Nabi dan Agama

JAKARTA – Belum hilang dari ingatan bagaimana seorang bernama Joseph Paul Zhang menistakan agama dan mengaku sebagai Nabi ke- 26 kini muncul lagi kasus penistaan lainya melalui Youtube dengan orang bernama Muhammad Kece dengan berani mengatakan bahwa Nabi dikelilingi orang-orang pendusta.

Kasus Paul Zhang, hingga kini masih dalam proses karena yang bersangkutan tidak berada dalam wilayah Indonesia namun berada di Eropa, meski demikian tidak menjadikan kasusnya berhenti begitu saja, namun tetap berjalan sejak ramai diberitakan pada April 2021.

Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri, Komjen Agus Andrianto mengatakan, penyidik sedang mendalami video laki-laki yang mengaku sebagai nabi ke-26 di agama Islam tersebut. Bareskrim Polri, sambung dia, sedang melengkapi dokumen penyidikan penistaan agama Islam yang dilakukan oleh Jozeph Paul Zhang.

“Sedang didalami, lengkapi dokumen penyidikannya,” Agus di Jakarta pada 18 April 2021. Berdasarkan data perlintasan Imigrasi, kata dia, Jozeph Paul Zhang telah meninggalkan Indonesia sejak Januari 2018, dan kini tinggal di Eropa.

Berselang empat bulan kemudian, muncul Muhammad Kece yang membuat video penistaan agama. Ucapan Youtuber Kece sampai membuat geram Majelis Ulama Indonesia (MUI), Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah, dan Pengurus Besar Nadhlatul Ulama (PBNU).

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, Bareskrim Polri telah menerima laporan masyarakat terkait dugaan penistaan agama Islam oleh Kece. Menurut dia, dan penyidik menindaklanjuti laporan tersebut dengan melakukan penyelidikan.

“Anggota sedang bekerja laksanakan penyelidikan,” kata Yudo di Jakarta, seperti dikutip dari laman republika.co.id Senin (23/8). Menurut dia, Bareskrim Polri telah menerima laporan masyarakat terkait kasus penistaan agama Islam pada Sabtu (21/8) malam WIB.

Baca Juga:  Cara Nabi Menyikapi “Penista Masjid”

Dalam kanal Youtube miliknya, Kece menyebutkan, Muhammad bin Abdullah dikelilingi setan dan pendusta. Banyak kalimat yang diucapkan Kece mengandung tuduhan dan fitnah, serta unsur penistaan agama.

Ulama kharismatik Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, KH Hasan Basri bahkan sampai mendesak polisi untuk lekas menangkap Kece. Hal itu lantaran ucapan Kece sangat menimbulkan keresahan di masyarakat.

“Semua ulama Lebak menyesalkan beredarnya video Muhammad Kece melalui kanal Youtube telah menistakan agama Islam, padahal dia sebelumnya penganut Islam,” kata pmpinan Pondok Pesantren Nurul Hidayah tersebut, Ahad.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Kepala BNPT di UIN Serang

Perguruan Tinggi Islam Berperan Penting Sebarkan Moderasi Beragama Kepada Mahasiswa

Serang – Perguruan Tinggi Islam berperan penting dalam menyebarkan moderasi beragama kepada para mahasiswa. Hal …

menko polhukam mahfud md memberikan keterangan kepada wartawan terkait

Buka Kongres IPNU dan IPPNU, Menko Mahfud MD: Minta Jaga Wasthiyah Islam

JAKARTA – Islam wasathiyah (moderat) menjadi salah satu jalan untuk menjaga kebersamaan setiap elemen bangsa, …