tempat
tempat

Inspirasi dari Masa Lalu, Pemerintah Saudi Sediakan Stasiun Wudhu Baru Bagi Warga Jeddah

JEDDAH – Wudhu menjadi salah satu syarat sah untuk menunaikan ibadah salat, maka ketersediaan air bersih menjadi penting disetiap sudut dan ditengah kota Jeddah, Saudi Arabia. Pemerintah Arab Saudi melalui Wakaf Raja Abdul Aziz dari Ain Al-Aziziah berupaya menyediakan air bersih yang terinspirasi dari penyediaan air bersejarah kota tersebut.

Tangki-tangki (Al-Bazan: Bahasa Arab) air bersih nantinya akan diperbanyak dan ditempatkan disudut kota sehingga pendistribusianya lebih cepat dan bermanfaat  bagi masyarakat Jeddah.

Di masa lalu, sebelum lembaga wakaf didirikan, keluarga di Jeddah menerima air dari seorang pria bernama “saggah” atau manusia air. Ia mengambil air dari bazan kota dan berkeliling ke seluruh distrik untuk mengantarkannya.

“Gagasan utama di balik proyek ini adalah menyediakan air bagi masyarakat dan mengingatkan mereka tentang transformasi luar biasa yang telah dialami kota ini,” kata kepala hubungan masyarakat di Wakaf Raja Abdul Aziz Ain Al-Aziziah, Sakhr Al-Asmari, dikutip di Arab News dan ihram.co.id Senin (23/8).

Ia lantas menyebut lembaga wakaf tersebut telah menargetkan beberapa tempat vital di Jeddah sebagai lokasi untuk menyediakan tank atau stasiun air yang baru. Lokasi di tepi laut adalah salah satu yang pertama dan akan ada lebih banyak lagi yang segera hadir.

Bazan modern berada di berbagai area di seberang pantai dan akan menyediakan air bersih bagi orang-orang untuk minum dan berwudhu. Keberadaan bazan ini bertujuan untuk mempercantik fasilitas umum dan menyerupai pipa utama dari lembah.

Adapun lembaga wakaf tersebut berperan penting dalam menyediakan air minum gratis dan bersih bagi penduduk Jeddah. Infrastrukturnya berupaya menyediakan sumber air utama hingga 1979, ketika solusi modern berdasarkan desalinasi air laut menjadi sumber air baru bagi Jeddah dan memasok beberapa wilayah di Arab Saudi.

Baca Juga:  NU Dan Muhammadiyah, Dua Tiang Peyangga Indonesia Dalam Meraih Kemerdekaan

“Lembaga ini bekerja dalam upaya penuh pada beberapa proyek yang berhubungan dengan air, seperti menemukan stasiun air dan sumur air desalinasi di desa-desa terpencil di seluruh wilayah dan provinsi tetangga, untuk mencapai tujuan pendiri Raja Abdul Aziz dan memenuhi salah satu komponen Visi 2030,” kata Al Asmari.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Ali Kalora

Pentolan Teroris Mujahidin Indonesia Timur Ali Kalora Tewas Ditembak Satgas Madago Raya

Palu – Setelah melakukan perburuan intensif, Satgas Madago Raya akhirnya berhasil menembak mati tokoh teroris …

Dr Adnan Anwar

Silaturahmi Nasional Penting Sebagai Sarana Tabayyun Dalam Menjaga NKRI

Jakarta – Dalam konteks berbangsa dan bernegara, persaudaraan tidak hanya dibangun atas dasar persamaan keyakinan, …