wakil presiden maruf amin meresmikan acara pameran turots nusantara
wakil presiden maruf amin meresmikan acara pameran turots nusantara

Wapres: Berpuasa Momentum Yang Tepat Untuk Taqarrub dan Muhasabah

JAKARTA – Berpuasa di bulan Ramadhan merupakan kesempatan bagi umat muslim untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Pada bulan Ramadhan pintu keberkahan dibuka seluas-luasnya sehingga jangan sampai terlewatkan begitu saja, terlebih berpuasa hanya menahan rasa lapar da haus.

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengingatkan bahwa Ramadhan merupakan momentum yang sangat tepat untuk melakukan taqarrub atau mendekatkan diri kepada Allah serta melakukan introspeksi diri.

“Saat berpuasa adalah waktu tepat bagi kita meningkatkan taqarrub atau mendekatkan diri kepada Allah, sekaligus melakukan muhasabah atau introspeksi diri untuk menjernihkan hati dan pikiran,” ujar Wapres dalam ucapan menyambut 1 Ramadhan 1443 Hijriah, di Jakarta, seperti dikutip dari laman ramadhan.republika.co.id Sabtu (2/4/2022).

Wapres mengajak umat Islam memperbanyak ibadah, taubat, istighfar, dzikir, shalawat, dan sedekah, serta berdoa kepada Allah SWT, agar diberikan perlindungan dan keselamatan dari musibah dan marabahaya dalam rangka menolak bala, khususnya dari pandemi COVID-19.

Wapres juga mengajak seluruh umat Islam menjadikan Ramadhan sebagai bulan memperbanyak sedekah, termasuk mengeluarkan zakat mal.”Jangan menjadikan Ramadhan sebagai bulan yang lebih konsumtif. Tapi bulan keprihatinan,” ujar Wapres.

Wapres mengatakan bulan Ramadhan momentum tepat untuk melakukan penguatan solidaritas kemanusiaan serta memperkuat ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniyah, dan ukhuwah insaniyah. Kepada umat Islam di seluruh Indonesia, Wapres mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa pada bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah.

“Semoga segala amalan yang kita lakukan dapat semakin meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan inayah-Nya dan meridhai setiap upaya yang kita lakukan,” ujarnya.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Viral Video Seorang Mengaku Kiai Ma’rifat Perbolehkan Hubungan Suami-Istri, Begini Tanggapan PBNU dan Muhammadiyah

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

muslim houston amerika serikat rayakan idul fitri dengan menggelar festival

Komunitas Muslim Houston bagikan Makan Gratis Tunawisma

JAKARTA – Islam adalah agama rahmatan lil’alamin, rahmat yang bukan saja untuk umat Islam namun …

ilustrasi logo nahdlatul ulama

Konbes NU 2022 Lahirkan 19 Peraturan untuk Perkuat Landasan Jam’iyah Optimalisasi Khidmah

JAKARTA – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menggelar Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (Konbes NU) 2022 …