Al Bayan Islamic Boarding School
Al Bayan Islamic Boarding School

282 Santri Ponpes Al Bayan Positif Covid-19, Seluruh Kegiatan Dihentikan Sementara

Sukabumi – Penyebaran virus Corona atau Covid-19 kembali terjadi di pondok pesantren (ponpes). Kali ini Pondok Pondok Pesantren Unggul Al Bayan di Cibadak, Jawa Barat, harus menghentikan kegiatan untuk sementara waktu menyusul ratusan santri terkonfirmasi positif Covid-19.

“Penutupan sementara ini untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” kata Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Sukabumi Raden Gani Muhamad kepada wartawan di Pendopo Sukabumi, Sabtu (7/11/2020).

Dia menuturkan, penghentian kegiatan di Pontren Al Bayan dilaksanakan sesuai protokol penanganan Covid-19, yakni selama 14 hari.

Selain itu dalam penanganan di Al Bayan tersebut dibentuk pos komando (posko) yang meliputi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 tingkat Kabupatem Sukabumi dan tingkat Kecamatan Cibadak. Juga melibatkan semua unsur termasuk TNI dan Polri.

“Juga Posko ini dilengkapi tenaga kesehatan dan dokter untuk memantau selama pemulihan,” tutur Gani.

“Kami akan melakukan pengawasan terkait langkah-langkah selanjutnya untuk memonitor perkembangan Al Bayan,” sambung dia.

Menurut Gani, tugas tim gabungan di posko ini juga melaksanakan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat sekitar Pontren Al Bayan agar tidak menjadi ketakutan. “Khawatir pasti ada, tetapi kami juga berupaya meminimalisirnya dengan bergerak cepat,” kata dia. “Kami juga sudah melakukan penanganan-penanganan di antaranya penyemprotan disinfektan di lingkungan masyarakat,” aku Gani.

Diberitakan sebelumnya, jumlah santri Pondok Pesantren Unggul Al Bayan di Kecamatan Cibadak, Sukabumi, Jawa Barat yang terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah. Berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sukabumi tercatat 212  santri positif Covid-19 hingga Sabtu (7/11/2020) siang.

“Jumlahnya sekarang 212 santri yang terkonfirmasi positif Covid-19,” ungkap juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sukabumi, Harun Al Rasyid di Pendopo Sukabumi, Sabtu.

Baca Juga:  Masjid Istiqlal Dibuka Lagi Saat Idul Adha

Sebelumnya, pimpinan Pondok Pesantren Al Bayan, Heriyanto dalam keterangan tertulis kepada Jumat (6/11/2020) menyebutkan bahwa sebanyak 57 santrinya terpapar corona. Mereka dalam kondisi baik dan menjalani karantina mandiri di asrama. Sementara santri yang negatif Covid-19 dipulangkan dan sistem belajar dilakukan secara daring.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Kepala BNPT Komjen Pol Dr Boy Rafli Amar MH saat RDP dengan Komisi III DPR RI Rabu September

Anggota MIT Tambah Jadi 12 Orang, Kepala BNPT: Ada 17 Desa di Poso Penceramahnya Dukung Ali Kalora

Jakarta – Jumlah anggota kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) yang semua tinggal 6 orang, …

Komjen Boy Rafli Amar

BNPT Tanggapi Positif Peringatan Jepang Terkait Potensi Aksi Terorisme di Tempat Ibadah

Jakarta – Jepang mengeluarkan peringatan potensi ancaman terorisme di Indonesia dan lima negara ASEAN yaitu …