Wapres KH Maruf Amin
Wapres KH Maruf Amin

Moderasi Beragama Sangat Penting Untuk Jaga Keutuhan dan Persatuan Indonesia

Jakarta – Moderasi dalam beragama sangat penting di tengah keberagaman Indonesia. Sebab, keberagaman tersebut menjadi dasar bagi Indonesia untuk menjaga keutuhan persatuan bangsa.

“Saya mengharapkan sikap moderat dapat menjadi pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara untuk menjaga keutuhan, sekaligus kebhinekaan Indonesia yang berlandaskan pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945,” kata Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin dalam siaran persnya, saat menerima secara virtual jajaran panitia acara perayaan Hari Suci Nyepi, Dharmasanti Nasional, di Jakarta, Jumat (8/4/2022).

Wapres menyadari, bukan suatu hal yang mudah dalam menyatukan berbagai macam pikiran. Sehingga perlu kerja sama dari berbagai pihak untuk dapat berkolaborasi dengan pemerintah dalam menjaga persatuan bangsa.

“Dalam menerapkan moderasi beragama, pemerintah tidak dapat bekerja sendiri, tapi terus berkolaborasi dengan semua pihak, khususnya dengan para tokoh agama dan masyarakat agar memiliki satu pemahaman yang sama,” katanya.

Wapres mengajak masyarakat untuk dapat bangkit bersama dalam membangun Indonesia yang lebih baik, khususnya pasca pandemi Covid-19 yang banyak memberikan dampak bagi masyarakat.

Dia berharap peran dan sinergi umat Hindu dalam upaya bangkit dan membangun bangsa Indonesia saat ini.

“Agar Indonesia menjadi lebih baik dari sebelumnya di semua sektor kehidupan, terutama pascapandemi maupun bencana alam yang melanda berbagai wilayah. Kita perlu membangkitkan Indonesia secara bersama-sama,” ajak Wapres.

Wapres juga memberikan apresiasi kepada jajaran pengurus Persatuan Hindu Dharma Indonesia (PHDI) yang telah berkontribusi dalam menyukseskan program pemerintah, khususnya dalam penanganan Covid-19, melalui pengadaan vaksinasi bagi masyarakat.

“Saya mengapresiasi aktualisasi nilai-nilai kepedulian, kebersamaan, dan gotong royong, khususnya pada pelaksanaan program vaksinasi booster yang merupakan kontribusi bermakna bagi bangsa Indonesia yang dilakukan oleh PHDI,” katanya.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Check Also

ilustrasi masjid tempat ibadah umat

Khutbah Jumat: Menjaga Semangat Beribadah Ramadan di Bulan Syawwal

Khutbah I الحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ حَرَّمَ الصِّياَمَ أَيّاَمَ الأَعْياَدِ ضِيَافَةً لِعِباَدِهِ الصَّالِحِيْنَ. أَشْهَدُ أَنْ لاَإِلٰهَ …

lapar

Saya khawatir Apabila Perut Kenyang akan Lupa pada yang Kelaparan

Ramadan telah berlalu, tetapi ada nilai sangat penting yang harus disisakan. Selalu terus merawat keadaan …