rezeki
rejeki

4 Hal yang Bisa Menjadi Sebab Datangnya Rezeki Menurut Ibnu Qayyim

Dalam kitab Zadul Ma’ad fi Hadyi Khairi Ibad (4/378), Ibnu Qayyim al-Jauziyah menjelaskan bahwa ada empat hal yang bisa menjadi sebab datangnya rizki:

Pertama, shalat malam.

Allah Swt dalam QS. al-Isra’ berfirman:

وَمِنَ ٱلَّيۡلِ فَتَهَجَّدۡ بِهِۦ نَافِلَةٗ لَّكَ عَسَىٰٓ أَن يَبۡعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامٗا مَّحۡمُودٗا 

Artinya: “Dan pada sebahagian malam, lakukanlah shalat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. al-Isra’ [17]: 79).

Ayat tersebut menjelaskan keutamaan shalat malam seperti tahajud, witir, hajad dan lainnya. Terkait hal ini ada sebuah riwayat. Suatu ketika, sahabat nabi bertanya kepada Rasulullah: “ shalat manakah yang paling utama setelah shalat yang telah diwajbibkan? Rasulullah menjawab: “shalat tahajud.” (HR. Muslim).

Sementara firman Allah: “Muhadah-mudahan Allah mengangkat kamu ke derajat yang terpuji”, oleh Ibnu Katsir ditafsirkan menafsirkannya sebagai syafaat Allah dihari kiamat kelak. Namun, Ibnu Qayyim memaknainya dengan lebih jauh lagi, yakni tidak hanya syafaat di akhirat, melainkan juga di dunia, yakni sebagai sebab datangnya rezeki.

Kedua, memperbanyak istighfar di waktu sahur (sebelum shubuh).

Barangsiapa yang senantiasa istighfar niscaya Allah akan menjadikan baginya kelapangan dari segala kesedihan yang menderanya, jalan keluar dari segala kesempitan yang dihadapinya, dan Allah memberinya rezeki yang tidak ia sangka-sangka.” (HR. Ibn Majah).

Dari hadis di atas dapat disimpulkan bahwa, jika Allah membiasakan diri (konsisten) untuk memperbanyaj istighfar, maka Allah berikan tiga hal: 1) keluasan diri dari setiap kesempitan. 2) memberikan jalan keluar dari setiap kesedihan. 3) memberikan rizki/rezeki yang melimpah dari arah yang tak disangka-sangka.

Berkaitan dengan ini, Ibnu Qayyim menjelaskan bahwa diantara waktu yang afdhal untuk memperbanyak istighfar adalah waktu sahur. Hal ini didasarkan pada firman Allah:

Baca Juga:  Rahasia Sunnah Rasulullah yang Berupa Senyum

ٱلصَّٰبِرِينَ وَٱلصَّٰدِقِينَ وَٱلۡقَٰنِتِينَ وَٱلۡمُنفِقِينَ وَٱلۡمُسۡتَغۡفِرِينَ بِٱلۡأَسۡحَارِ 

Artinya:  “(yaitu) orang-orang yang sabar, yang benar, yang tetap taat, yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah), dan yang memohon ampun di waktu sahur.” (QS. Ali Imram [3]: 17).

Dalam ayat lain, Allah berfirman:

فَقُلۡتُ ٱسۡتَغۡفِرُواْ رَبَّكُمۡ إِنَّهُۥ كَانَ غَفَّارٗا يُرۡسِلِ ٱلسَّمَآءَ عَلَيۡكُم مِّدۡرَارٗا وَيُمۡدِدۡكُم بِأَمۡوَٰلٖ وَبَنِينَ وَيَجۡعَل لَّكُمۡ جَنَّٰتٖ وَيَجۡعَل لَّكُمۡ أَنۡهَٰرٗا 

Artinya: “Maka aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, -sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun-,  niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai. (QS. Nuh [71]: 10-12).

Ketiga, membiasakan sedekah.

Banyak ayat Alquran dan hadis yang menerangkan bahwasannya sedekah itu tidak akan menjadikan seseorang miskin, justru malah akan mendatangkan berkah dan rezeki yang belimpah. Misalnya, Allah berfirman:

وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ

Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia lah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya” (QS. Saba’ 39).

Dalam sebuah hadis dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sedekah tidaklah mengurangi harta.” (HR. Muslim, no. 2588)

Keempat, membiasakan dzikir di awal siang (pagi hari) dan di akhirnya (petang).

Allah perintahkan Nabi kita Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam untuk selalu istighfar dan banyak berzikir setiap pagi dan sore. “Mohonlah ampunan untuk dosamu dan bertasbihlah seraya memuji Tuhanmu pada waktu petang dan pagi.” (QS. Ghafir: 55).

Demikian uraian 4 hal yang bisa menjadi sebab datangnya rizki menurut Ibnu Qayyim yang didasarkan pada petunjuk al-Qur’an dan sunnah. Semoga Allah memberi kita kelapangan rizki dan keberkahan sehingga bisa optimal dalam beribadah dan menjalankan amal shalih. Aamiin.

Bagikan Artikel ini:

About Fauziyatus Syarifah

Avatar of Fauziyatus Syarifah
Mahasiswi magister program PAI UIN Walisongo Semarang

Check Also

kh ahmad dahlan

3 Kiat Menuju Masyarakat Tangguh dan Beradab Ala KH Ahmad Dahlan

Nama KH. Ahmad Dahlan sangat moncer dikalangan bangsa Indonesia karena ia termasuk orang yang memiliki …

jihad kemerdekaan

Agustus Bulan Perjuangan : Inilah 3 Bentuk Jihad Bela Negara yang Dianjurkan Agama!

Bagi rakyat Indonesia, Agustus adalah bulan perjuangan. Pernyataan ini tentu saja tidak berlebihan mengingat pada …