6 Kriteria Istri Idaman Anda Menurut Islam

0
64

Nikah merupakan ibadah Sunnah yang paling dianjurkan dalam Islam. Namun, hukum nikahnya menjadi wajib apabila ia telah mampu dan dikhawatirkan jatuh dalam dosa. Ada yang membayangkan pernikahan adalah suatu yang indah, tetapi juga menakutkan bagi seseorang yang tidak bisa mengelola rumah tangga dengan baik.

Bagi laki-laki yang sudah dewasa dan memiliki kemampuan menikah menjadi impian untuk mengakhiri masa lajang. Namun, kata orang mencari jodoh untuk gampang-gampang susah. Gampang karena kita bisa hanya melirik seseorang sesuai hati. Namun, menjadi susah karena pasangan dalam nikah adalah teman sepanjang hidup, sehingga harus memilih dengan hati-hati.

Lalu, bagaimana memilih pasangan yang baik? Inilah kriteria wanita yang pantas dijadikan pasangan hidup menurut Islam.

  • Taat Beragama

Hendaknya dalam memiih pasangan laki-laki harus mempertimbangkan prinsip utama ketaatan beragama seorang wanita. Ketika wanita ini dinilai istiqamah dan rajin beribadah, yakinlah itu pilihan ideal anda.

Nabi Saw bersabda: “Barang siapa menikahi seorang wanita karena harta dan kecantikannya, maka harta dan kecantikan wanita itu akan ditutup oleh Alloh Swt. dan barang siapa menikahi seorang wanita karena agamaya, maka Alloh Swt akan memberi rezeki pada harta dan kecantikannya itu.”

  • Berbudi pekerti yang baik

Wanita yang taat beragama semestinya dan seharusnya memiliki budi pekerti dan akhlak yang baik. Kriteria kedua yang harus anda cermati tentang calon pasangan anda adalah perilakunya. Yakinlah, taat beragama dan berakhlak mulia adalah pilihan ideal pasangan sejati anda.

Nabi Saw bersabda:”Mohonlah perlindungan kepada Allah Swt dari perkara yang dibenci,’ Ditanyakan,’apakah perkara yang di benci itu, ya Rasulalloh?’ Beliau menjawab, ‘perkara yang dibenci itu adalah: “Pemimpin yang menyeleweng, yang mengambil dan menghalangi hakmu. Tetangga yang jelek, yag kedua matanya melihatmu, sementara hatinya mengekangmu, jika ia melihat kebaikan (yang ada di dirimu) maka ia sembunyikan, dan jika ia melihat kejelekan (yang ada di dirimu), maka ia akan menyebar luaskannya. Wanita yang menumbuhkan uban (rambut putih) sebelum waktunya (istri yang tidak baik akan menyebabkan suaminya beruban sebelum waktunya).”

  • Memiliki wajah cantik, kaya dan keturunan baik
Baca Juga:  Agar Anak Menjadi Penyejuk Hati (Qurrota A’yun)

Kriteria berikutnya yang patut menjadi perhatian anda adalah wajah yang cantik, keturunan yang baik dan kaya. Sungguh akan sangat beruntung jika anda memiliki calon yang taat beragama, budi pekerti yang baik serta memiliki wajah yang cantik, keturunan yang baik dan kaya. Yakinlah, itulah wanita ideal sebagai pasangan anda.

Nabi bersabda: “Wanita itu dinikahi karena empat hal; hartanya, kecantikannya, keturunnnya, dan agamanya, maka dapatkanlah wanita yang taat beragama, niscaya kamu akan beruntung.”

  • Memiliki kasih sayang dan kesuburan yang baik

Pernikahan bukan saja tentang ibadah tetapi juga tentang mencurahkan kasih sayang sebagai bagian dari ibadah. Pernikahan yang dilandasi dengan kasih sayang akan langgeng. Selain itu, anda harus yakin wanita calon pasangan anda memiliki kesuburan yang baik, bukan wanita mandul.

Nabi Saw bersabda:”Nikahlah kalian dengan wanita wanita yang penuh rasa kasih sayang dan mampu melahirkan anak yang banyak, karena sesungguhnya aku akan membanggakan banyaknya jumlah kalian di hadapan umat lain dan jangalah kamu nikah dengan wanita yang sudah tua lagi mandul, karena sesungguhnya anak anak muslim berada di bawah bayang bayang arasy. Mereka dikumpulkan oleh bapaknya, yaitu Nabi Ibrohim as, kekasih Alloh Swt. mereka mohon ampunan untuk orangtua mereka.”

  • Setia dan terpercaya

Selain peyayang, anda juga perlu memerhatikan apakah calon anda adalah orang yang setia dan terpercaya. Memilih calon yang setia dan terpercaya adalah syarat keutuhan rumah tangga. Nabi mengisyaratkan wanita ideal itu seperti apa?  “Dia adalah wanita, yang menyenangkan (suami) ketika melihatnya, menaati (suami) ketika memerintahkannya, dan yang tidak pernah menyalahi (suaminya) di dalam dirinya dan hartanya.”

  • Wanita yang masih perawan

Setelah kriteria keimanan, sikap, perilaku dan kasih sayang, kriteria terkahir yang penting juga diperhatikan adalah wanita yang masih perawan. Tentu saja ini bukan larangan bagi mereka yang mendapatkan janda. Tetapi menikah dengan wanita perawan merupakan salah satu anjuran Nabi.  Nabi Saw bersabda: “Hendaklah kalian nikah dengan wanita wanita yang masih perawan, karena mereka lebih bersih mulutnya, lebih menghadap rahimnya (lebih subur) dan lebih bagus budi pekertinya.”


Baca Juga:  Mendidik Akhlak Anak dengan Membiasakan Dzikir

Inilah beberapa kriteria calon istri yang sangat dianjurkan dalam Islam. Ingatlah pernikahan bukan sekedar hanya menikmati hidup  dan membina rumah tangga, tetapi juga ada tanggungjawab keagamaan. Suami adalah pemimpin di dalam rumah tangga. Maka seorang laki-laki harus bisa membimbing, mengarahkan, menyayangi dan menjadi panutan bagi istri. Carilah calon pasangan ideal menurut Islam.

Tinggalkan Balasan