islam yang mempesona
islam yang mempesona

7 Ajaran yang Membuat Islam Menjadi Agama yang Mempesona

Min Mahasini al Din al Islam, judul yang ditulis oleh Syaikh Muhammad Ibrahim al Hamdi dalam satu karyanya Qishshatu al Basyariah. Kurang lebih artinya “sebagian dari pesona ajaran Islam.”.

Senyatanya memang ajaran Islam sangat mempesona, memukau dan menakjubkan. Kesempurnaan prinsip-prinsip ajarannya tidak dimiliki agama manapun. Diakui atau tidak memang faktanya seperti itu. Kalau kemudian Islam ditampilkan sebagai agama kekerasan oleh (sebagian) pengikutnya, tentu bukan salah agamanya, tapi kesalahan dalam menafsirkan sumbernya dan kesalahan praktek keagamaannya.

Syaikh Muhammad Ibrahim al Hamdi dalam tulisannya ini mengajak umat Islam untuk kembali bertafakur tentang kesyamilan dan kesempurnaan ajaran Islam. Tentu, supaya tidak ada lagi yang memahami agama Islam sebagaimana pemahaman kaum radikal yang memposisikan agama Islam dalam ruang kekerasan dan pembunuhan. Tidak ada lagi yang tabu ketika menjumpai beberapa perbedaan dan tidak menganggap mereka yang di luar Islam adalah musuh yang harus dibunuh. Apalagi pemahaman doktriner sehingga di internal Islam sendiri yang berbeda madhab dan pemikiran dianggap lawan.

Di antara kebaikan ajaran Islam yang sangat mempesona itu adalah;

Pertama, Islam menganjurkan menjenguk orang sakit, mengantar janazah ke kuburannya, ziarah kubur dan mendoakan sudara seiman.

Kedua, Islam memerintahkan untuk berbuat adil kepada manusia, menyangi dan mengasihinya sebagaimana kita menyayangi diri sendiri.

Ketiga, Islam memerintahkan menyayangi, lemah lembut, mengayomi, memperlakukan secara baik dan selalu melakukan kebaikan-kebaikan kepada semua makhluk.

Keempat, Islam mengajarkan untuk berbuat baik kepada kedua orang tua, silaturahmi, menghormati tetangga dan toleransi kepada semua makhluk.

Kelima, Islam mengajarkan supaya memenuhi segala janji, memperlakukan istri dan anak-anaknya dengan baik.

Keenam,  Islam mengajarkan supaya menjaga muru’ah (kehormatan), dan bijaksana menyikapi segala hal.

Ketujuh, Islam mengajarkan supaya menjadi orang yang amanah, tidak ingkar janji, berprasangka baik, sabar menghadapi situasi apapun dan tidak menunda untuk melakukan kebikan.

Bukankah ketujuh ajaran Islam ini sangat mempesona? Kita dianjurkan untuk mendoakan kebaikan kepada sesama muslim, bukan saling mencaci dan menyalahkan. Umat Islam diperintahkan supaya berbuat adil kepada sesama manusia, menyayangi dan mengasihi. Agama Islam memerintahkan supaya berbuat baik, menyayangi dan bersikap lemah lembut kepada semua mahluk. Bukankah ini juga ajaran yang mempesona?

Karenanya, telah jelas, keterlibatan seseorang menjadi teroris dan tindak kejahatan kemanusiaan yang lain sebabnya tidak lain karena tidak memahami ajaran Islam secara sempurna. Maka, ketahuilah! beginilah sebenarnya Islam.

Bagikan Artikel ini:

About Nurfati Maulida

Avatar of Nurfati Maulida

Check Also

al harrah

Al Harrah; Tragedi Pemerkosaan dan Pembunuhan Massal Masa Khalifah Yazid bin Mu’awiyah

Peristiwa tragis tragedi kemanusiaan pernah terjadi pada masa Khalifah Yazid bin Mu’awiyah. Penduduk Madinah tidak …

sunat perempuan

Hukum Fikih tentang Sunat bagi Perempuan

Sunat atau khitan pada perempuan merupakan fenomena sosial yang bisa ditemukan diberbagai belahan dunia, termasuk …