Nabi Musa

Dua Hal yang Membuat Nabi Musa Iri Kepada Rasulullah SAW

Dalam Al-Qur’an Nabi Musa As. adalah nabi yang paling banyak disebutkan. Hal ini menunjukkan bahwa beliau adalah Nabi yang mendapatkan perhatian khusus dari Allah SWT. Nabi Musa As. juga merupakan salah satu nabi dan rasul yang mendapatkan gelar Ulul Azmi yakni yang memiliki kesabaran tingkat tinggi dalam berdakwah.

Nabi musa As sangat mencintai umatnya, seperti bagaimana cintanya Nabi Muhammad SAW kepada umat-Nya. Sebagaimana diabadikan dalam Al-Qur’an :

وَاسْأَلْهُمْ عَنِ الْقَرْيَةِ الَّتِي كَانَتْ حَاضِرَةَ الْبَحْرِ إِذْ يَعْدُونَ فِي السَّبْتِ إِذْ تَأْتِيهِمْ حِيتَانُهُمْ يَوْمَ سَبْتِهِمْ شُرَّعًا وَيَوْمَ لَا يَسْبِتُونَ ۙ لَا تَأْتِيهِمْ ۚ كَذَٰلِكَ نَبْلُوهُمْ بِمَا كَانُوا يَفْسُقُونَ

“Dan tanyakanlah kepada Bani Israil tentang negeri yang terletak di dekat laut ketika mereka melanggar aturan pada hari Sabtu, di waktu datang kepada mereka ikan-ikan (yang berada di sekitar) mereka terapung-apung di permukaan air, dan di hari-hari yang bukan Sabtu, ikan-ikan itu tidak datang kepada mereka. Demikianlah Kami mencoba mereka disebabkan mereka berlaku fasik”. (Q.S. Al-A’raf :163)

Ketika Nabi Muhammad SAW melakukan Isra’ Mi’raj, Nabi Musa As. bertemu dengan tepatnya di langit ke enam. Mereka pun bercita tentang bagaimana umat-Nya masing-masing. Ketika mereka bertemu, maka mereka sama-sama mengucapkan salam penghornatan, seketika Nabi Musa pun berkata :

“Orang-orang mengira, bahwa akulah golongan anak Adam (manusia) yang termulia di sisi Allah SWT daripada orang ini (Muhammad), tetapi sesungguhnya Muhammad lah yang termulia di sisi Allah SWT daripada Aku sendiri”

Ketika Nabi Muhammad SAW meninggalkan Nabi Musa As untuk melanjutkan perjalanan Isra Mi’raj-Nya, tiba-tiba Nabi Musa As menangis karena merasa iri kepada Nabi Muhammad SAW.  Adapun yang membuat Nabi Musa As iri kepada Rasulullah SAW adalah :

Baca Juga:  Pentingnya Mewariskan Pendidikan Agama kepada Anak

1. Nabi Muhammad Diutus Untuk Umat yang Lebih Banyak

Nabi Musa As merasa iri karena Nabi Muhammad diutus untuk kaum yang lebih banyak masuk syurga dibanding Bani Israil.

Andaikan Nabi Muhammad SAW masuk syurga sendiri tanpa membawa umat-Nya yang begitu banyak, mungkin Nabi Musa takkan merasa iri pada-Nya..

2. Nabi Muhammad Orang yang Pertama Kali Masuk Surga

Selain itu, Nabi Muhammad dan umat-Nya adalah yang pertama kali masuk syurga daripada umat-umat nabi terdahulu. Sebagaimana Rasulullah bersabda :

Dari Annas bin Malik : Rasulullah SAW Bersabda : Saya adalah Nabi yang paling banyak pengikutnya di hari kiamat, Dan Aku adalah Orang yang pertama kali mengetuk pintu Surga. (HR. Muslim, Ibnu Hibban, dan lainnya)

Dari kisah diatas, sebagai seorang muslim, patutlah kiranya bangga kepada Nabi Muhammad SAW, dengan cara semakin meneguhkan keimanan kepada Allah, serta mencintai Rasulullah SAW yakni menjalankan segala apa yang diperintahkan dan menjuhi segala apa yang dilarang oleh Allah dan Rasul-Nya.

Bagikan Artikel

About Ahmad Cahyo

Avatar
Mahasiswa Program S2 PTIQ Jakarta