China Rusak Ribuan Masjid di Xinjiang
China Rusak Ribuan Masjid di Xinjiang

China Bantah Tuduhan Lembaga Australia Terkait Perusakan Ribuan Masjid di Xinjiang

Beijing – Kementerian Luar Negeri China membantah keras laporan lembaga think-tank Australia yang menyebut otoritas China menghancurkan ribuan masjid di wilayah Xinjiang. China menyebut laporan itu sebagai ‘rumor penuh fitnah’.

Laporan Institut Kebijakan Strategis Australia (ASPI) yang dirilis beberapa waktu lalu menyebut bahwa sekitar 16 ribu masjid di Xinjiang telah dihancurkan atau dirusak sebagai dampak kebijakan pemerintah China, kebanyakan sejak tahun 2017. Laporan itu didasarkan pada sejumlah citra satelit dan pada sampel dari 900 situs keagamaan sebelum tahun 2017, termasuk masjid, kuil dan situs sakral.

Dikutip dari Reuters, juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin, mengomentari laporan ASPI itu dalam sebuah konferensi pers. Wang menyebut laporan itu ‘hanya rumor penuh fitnah’.

Disebutkan juga oleh Wang bahwa ASPI menerima dana asing untuk ‘mendukung ramuan kebohongan terhadap China’. Wang mengulang kembali klaim sebelumnya soal adanya lebih dari 24 ribu masjid di wilayah Xinjiang.

“Jika kita melihat jumlahnya, ada lebih dari 24 ribu masjid di Xinjiang, yang merupakan 10 kali lipat lebih banyak daripada di AS (Amerika Serikat),” klaim Wang.

“Itu berarti ada satu masjid untuk setiap 530 warga muslim di Xinjiang, yang berarti lebih banyak masjid per kapita dibandingkan banyak negara Muslim,” imbuhnya.

China berada di bawah kecaman atas perlakuannya terhadap warga etnis minoritas Muslim Uighur dan atas dugaan kerja paksa di Xinjiang. Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) yang mengutip laporan kredibel menyebut 1 juta warga muslim ditahan di kamp-kamp untuk dipekerjakan.

Otoritas China membantah telah menindas warga Uighur dan mengklaim kamp-kamp di Xinjiang sebagai pusat pelatihan kejuruan yang diperlukan untuk mengatasi ekstremisme.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Check Also

Haji mabrur

Dewan Ulama Saudi Nyatakan Haji Tanpa Izin Dosa, Kemenag: Hanya Visa Haji yang Dibolehkan

Jakarta – Dewan Ulama Senior Arab Saudi menyatakan ibadah haji tanpa izin tidak diperbolehkan dan …

Relijius copy

Indonesia Menempati Negara Paling Relijius Sejagad

Jakarta – Indonesia adalah negera mayoritas beragama Islam. Sepertiga dari kurang lebih 270 juta penduduk …