df ed b ebabf
df ed b ebabf

Seorang Pria Mengaku Sebagai ‘Dewa Matahari’, Ketua MUI Minta Pemerintah Terkait Dahulukan Pembinaan

Jakarta – Setiap tahun ada saja orang yang mengaku sebagai nabi, sebagai titisan Tuhan maupun mengaku sebagai dewa, terbaru seorang pria bernama Natrom (62) melarang para pekerjanya untuk melaksanakan salat dan jika ingin kaya harus mengikutinya, Natrom mengaku sebagai ‘dewa matahari’ sehingga diduga menyebarkan ajaran sesat di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Lebak, Banten. Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH Cholil Nafis meminta MUI setempat membina pria itu.
“Saya meminta MUI setempat menyapa dan membinanya. Mungkin karena ketidakpahaman,” kata Cholil Nafis kepada wartawan, seperti dilansir dari laman detik.com Selasa (12/7/2022).

Cholil Nafis menyarankan agar pembinaan dikedepankan dalam kasus ini. Cholil Nafis menyebut proses hukum bisa berjalan jika pria yang mengaku dewa matahari itu melakukan tindakan kriminal.

“Ya baiknya dibina saja, kecuali kalau dia melakukan kriminal dan mengganggu NKRI,” katanya.

Pria yang mengaku dewa matahari itu diketahui melarang orang untuk salat. Merespons hal itu, Cholil menyarankan agar masyarakat berguru kepada orang yang memiliki keilmuan jelas.

“Baiknya cari guru yang jelas rekam jejak keilmuan dan pengamalannya,”

katanya.

Pihak Kecamatan Bayah, Lebak, sempat memanggil dan meminta klarifikasi kepada Natrom (62), pria yang mengaku sebagai dewa matahari. Natrom dianggap bicara ngawur dan tidak jelas.

Camat Bayah Khaerudin mengatakan Natrom merupakan wirausahawan atau pebisnis. Dia memiliki penginapan hingga perkebunan di wilayah Lebak Selatan.

“Dia punya beberapa penginapan yang dapat beli dan hasil gadai. Pekerjaannya gitu, jaga penginapan sama punya lahan perkebunan yang digarap warga,” ujar Camat Bayah Khaerudin melalui sambungan telepon, Senin (11/7).

“Ketika pelaku ditanya, ya gitu ngocehnya, sebagai dewa matahari,” katanya.

 

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Check Also

Haji mabrur

Dewan Ulama Saudi Nyatakan Haji Tanpa Izin Dosa, Kemenag: Hanya Visa Haji yang Dibolehkan

Jakarta – Dewan Ulama Senior Arab Saudi menyatakan ibadah haji tanpa izin tidak diperbolehkan dan …

Relijius copy

Indonesia Menempati Negara Paling Relijius Sejagad

Jakarta – Indonesia adalah negera mayoritas beragama Islam. Sepertiga dari kurang lebih 270 juta penduduk …