Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto
Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto

Ada Tokoh Tuduh Haji Gagal Berangkat karena Utang RI ke Arab, Ketua Komisi VIII: Tidak Benar!

Jakarta – Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto menegaskan bahwa keputusan pemerintah Indonesia tidak memberangkatkan jemaah haji tahun 2021 bukan karena Indonesia berutang kepada Arab Saudi. Pernyataan itu untuk meluruskan tudingan video viral seorang tokoh  yang menuduh alasan tidak diberangkatkannya haji tahun ini karena pemerintah masih berutang kepada Arab Saudi.

“Tidak benar kalau ada pihak yang mengatakan bahwa keputusan membatalkan haji ini karena ada utang negara Indonesia ke Arab Saudi seperti pemondokan, katering, dan lain-lain,” kata Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto dalam konferensi pers di Kantor Kemenag RI, Kamis (3/6/2021).

Dia memastikan dana haji dari para calon jemaah yang telah mendaftar sangat aman. Yandri meminta calon jemaah haji tidak perlu risau.

“Kami mohon kepada calon jemaah haji tidak perlu risau, tidak perlu gundah gulana karena pembatalan ini. Intinya uang yang bapak ibu setorkan itu sangat aman, dan kalau ada yang mengatakan karena ada hutang tidak benar sama sekali,” ucapnya.

Yandri menyebut pembatalan pemberangkatan haji tahun 2021 demi keamanan para calon jemaah haji, mengingat pandemi Covid-19 hingga kini masih belum berakhir.

“Tapi bapak-ibu, sebagaimana disampaikan Menag tadi, bahwa Komisi VIII DPR RI rapat terakhir dengan Kemenag melihat kondisi kekinian dengan berat hati kami bersepakat dengan banyak pertimbangan tadi bahwa haji tahun ini negara kita belum bisa mengirim calon jemaah haji,” ujanrya.

“Yang paling penting adalah keselamatan calon jemaah haji di mana pandemi masih sangat tinggi, dan menjadi pertimbangan khusus juga sampai detik ini pemerintah Saudi Arabia belum memperbolehkan penerbangan dari Indonesia ke Jeddah maupun Madinah. Termasuk kuota haji juga belum diberikan kepada Indonesia,” tegas Yandri.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  UEA Izinkan Vaksin Covid-19 Digunakan Muslim Meski Tidak Halal

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Ali Kalora

Pentolan Teroris Mujahidin Indonesia Timur Ali Kalora Tewas Ditembak Satgas Madago Raya

Palu – Setelah melakukan perburuan intensif, Satgas Madago Raya akhirnya berhasil menembak mati tokoh teroris …

Dr Adnan Anwar

Silaturahmi Nasional Penting Sebagai Sarana Tabayyun Dalam Menjaga NKRI

Jakarta – Dalam konteks berbangsa dan bernegara, persaudaraan tidak hanya dibangun atas dasar persamaan keyakinan, …