Sekjen MUI Amirsyah Tambunan
Sekjen MUI Amirsyah Tambunan

Indonesia Tak Berangkatkan Haji, MUI: Keselamatan Jiwa Lebih Utama

Jakarta – Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengapresiasi keputusan Pemerintah Indonesia yang kembali membatalkan pemberangkatan jemaah haji tahun 1442 Hijriah/ 2021 Masehi. Keputusan itu dinilai sebagai bentuk ikhtiar pemerintah untuk menjaga keselamatan jiwa calon jemaah haji dan ini merupakan hal yang utama.

“Kita mengapresiasi, khususnya kepada Kementerian Agama untuk pembatalan pemberangkatan haji 2021 ini dalam rangka mengutamakan keselamatan jiwa calon jemaah haji,” ujar Sekjen MUI Amirsyah Tambunan dikutip dari laman resmi Kemenag, Kamis (3/6/2021).

 Amirsyah menilai kebijakan itu akan meminimalisir penyeran virus Corona atau Covid-19. Pasalnya, , penyebaran virus Corona masih belum terkendala di beberapa negara seperti India, Malaysia, termasuk Indonesia.  Pemerintah Arab Saudi sendiri tengah menerapkan kebijakan ketat terkait pandemi Covid-19 ini.

Ia menambahkan, kebijakan itu perlu dimaklumi para calon jemaah haji dan berharap, kesabaran dan ketabahan dari semua calon jemaah haji akan membawa hikmah.

“Tentu dari semua peristiwa ini ada hikmah yang diberi Allah SWT kepada kita semua,” tuturnya.

MUI, lanjutnya, mendoakan kepada semua calon jemaah haji dan kaum muslimin agar bisa segera keluar dari Pandemi Coivid-19. “Wabil khusus kepada calon jemaah haji, kami doakan dalam kondisi sehat wal afiat. Terutama dalam menghadapi pandemi Covid. Kita berdoa, berikhtiar dan tawakal kepada Allah, karena kesehatan adalah modal yang sangat tinggi nilainya,” kata Amirsyah.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Massa Pengeroyok Ade Armando Teriak ‘Halal’, Ketua PBNU: Tak Boleh Halalkan Darah Seseorang

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Twit Abdulla Alamudi

Komentari Pelecehan Agama oleh Holywings, Kolumnis Media Qatar: Itu Bentuk Provokasi

Jakarta –  Pelecegahan agama yang dilakukan klub malam Holywings tidak hanya menyulut gejolak umat Islam …

Pernikahan beda agama

Nikah Beda Agama Disahkan PN Surabaya Preseden Buruk dan Resahkan Umat Islam

Jakarta – Beberapa waktu lalu Pengadilan Negeri (PN) Surabaya mensahkan pernikahan beda agama yang diajukan …