Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini
Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini

PBNU Ajak Jemaah Haji Indonesia Ambil Hikmah dari Pembatalan Pemberangkatan Haji 2021

Jakarta – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Kamis (3/6/2021) mengumumkan bahwa pemerintah menyatakan tidak memberangkatkan jamaah haji pada 1442 H atau 2021 M. Keputusan itu diambil lantaran pandemi Covid-19 masih merejalela di belahan bumi dunia.

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Helmy Faishal Zaini menuturkan, bahwa ditundanya penyelenggaraan ibadah haji itu karena alasan kesehatan dan keselamatan jiwa. Hal itu yang menjadi pertimbangan yang sangat penting.

“Maka, atas dasar pertimbangan agama pula, bahwa salah tujuan beragama maqosyid syariah adalah kifdu nafs. Menjaga keselamatan itu sesuatu yang tidak bisa ditunda,” kata Helmy dalam konfrensi pres di kantor Kemenag, Jakarta, Kamis (3/6/2021).

“Bahwa mengerjakan ibadah haji itu bagian dari maqosyid syariah, yaitu menjaga agama tetapi ibadah dalam keadaan darurat bisa ditunda. Salat jumat aja kalau mator atau hujan itu bisa ditunda kalau hujanya deras sekali. Orang berpuasa musafir di perjalanan yang panjang rukhsos untuk membatalkan,” urainya.

Atas keputusan itu, PBNU mendukung kebijakan pemerintah yang membatalkan kegiatan ibadah haji tahun ini ditengah pandemi Covid-19.

Helmy pun mengajak seluruh jemaah haji Indonesia untuk mengambil hikmah dari keputusan ini.

“Marilah kepada seluruh jemaah haji Indonesia kami semua merasakan betul kesedihan mendalam ini sebuah cita-cita yang mendalam. Maka kita ambil hikmahnya,” kata

Ia berdoa semoga pandemi Covid-19 ini segera berakhir sehingga kegiatan ibadah haji tahun selanjutnya dapat terlaksana lagi. “Kita berdoa mudah-mudahan dengan ditundanya ini tidak mengurangi makna niat kita, nawaitu untuk melaksanakan ibadah haji. Semoga Allah memberikan atas kesabaran ujian dan cobaan ini,” katanya.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Mantan Penghuni Kamp di Xinjiang Ungkapkan Muslim Uighur Dipaksa Makan Babi Tiap Jumat

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Dr KH Adnan Anwar

Membangun Kebanggaan Nasional untuk Lawan Intoleransi, Radikalisme dan Terorisme

Jakarta – Semangat nasionalisme pada Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) menandakan rumusan identitas kebangsaan yang tidak …

uas ditolak masuk singapura berikut hal yang diketahui sejauh ini

Ormas Perisai Pendukung UAS Demo Kedubes Singapura Siang Ini

Jakarta – Penolakan Pemerintah Singapura terhadap Ustadz Abdul Somad (UAS) yang hendak memasuki wilayah Singapura …