perempuan shalat jumat
perempuan shalat jumat

Hukum Perempuan Shalat Jum’at

Ada dua alasan kenapa perempuan tidak diwajibkan shalat Jum’at. Karena ada hadis yang secara sharih (tegas) tidak mewajibkan dan karena akan terjadi percampuran dengan lawan jenis.

Dalam kitab Nailu al Authar, Imam Nasa’i dan Abu Daud meriwayatkan, “Shalat Jum’at wajib bagi setiap orang Islam secara berjamaah, kecuali budak, wanita, anak kecil dan orang yang sedang sakit”. Imam Nasa’i meriwayatkan hadis ini dari Hafshah, sedangkan Abu Daud dari Thariq bin Syihab.

Keterangan yang sama ditulis dalam kitab al Majmu’ Syarh al Muhaddzab. Tidak wajibnya shalat Jum’at bagi perempuan berdasar pada hadis riwayat sahabat Jabir, ia berkata, Rasulullah bersabda, “Barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir, maka wajib shalat Jum’at kecuali perempuan, musafir, budak, dan orang sakit”. (HR. Abu Daud dan Baihaqi).

Kalau seandainya perempuan ikut shalat Jum’at apakah dilarang? Untuk menjawab pertanyaan ini harus mencari informasi dari literatur-literatur kitab fikih supaya bisa dipastikan apakah tidak wajibnya perempuan shalat Jum’at secara otomatis juga larangan atau tidak?

Dalam kitab al Muhaddzab dan Bughyatu al Musytarsyidin dijelaskan, bagi golongan yang tidak diwajibkan shalat Jum’at, seperti budak, perempuan dan musafir, boleh melaksanakan shalat Jum’at sebagai ganti shalat dhuhur. Bahkan shalat Jum’at lebih utama dari shalat dhuhur.

Dalam kitab Minhaj al Qawim ada penjelasan, orang yang tidak wajib shalat Jum’at tapi hanya wajib shalat dhuhur saja, seandainya dia shalat Jum’at maka shalat Jum’atnya sah. Dengan kata lain, walaupun tidak wajib shalat Jum’at boleh memilih apakah mau shalat dhuhur atau Jum’at. Bahkan shalat Jum’at lebih utama.

Sudah jelas, perempuan memang tidak diwajibkan shalat Jum’at, cukup shalat dhuhur. Namun bila ikut shalat Jum’at maka sah dan tidak perlu shalat dhuhur lagi. Bahkan shalat Jum’at lebih utama baginya.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Memburu Uang Kertas Edisi Khusus, Inilah Hukum Tukar Menukar Uang Beda Nominal

About Khotibul Umam

Avatar of Khotibul Umam
Alumni Pondok Pesantren Sidogiri

Check Also

kisah nabi

Ketika Nabi Melunakkan Hati Sahabat yang Cemburu karena Merasa Paling Islami

Alkisah, penaklukan Makkah atau lebih tren disebut “Fathu Mekah” berjalan tanpa aral lintang, nyaris tanpa …

petasan dari kertas al quran

Viral Petasan Berbahan Kertas Al-Qur’an, Catat Ini Hukumnya!

Tak berapa lama berselang, jagad maya dihebohkan oleh kasus petasan berbahan kertas Al-Qur’an. Respon publik …