000167800 1646654026 830 556

Alhamdulillah Masjidil Haram Sediakan Alquran Terjemahan Bahasa Indonesia

MAKKAH – Jamaah Haji maupun Umrah asal Indonesia patut bersyukur karena pemerintah Arab Saudi melalui Badan Bimbingan dan Panggilan di bawah Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci di Arab Saudi yang diwakili oleh Administrasi Alquran telah menyediakan Alquran terjemahan Indonesia.

Pemerintah Arab Saudi telah menyediakan 150 ribu eksemplar Alquran baru dari Kompleks Raja Fahd untuk Pencetakan Alquran.

Seluruh Alquran tersebut ditujukan bagi pengunjung Masjidil Haram. Direktur Administrasi Alquran di Masjidil Haram, Hamzah Bin Ibrahim Al-Salimi, mengatakan pemerintah sudah menyediakan rak dan laci khusus dengan salinan Alquran braille untuk penyandang tunanetra.

“Di rak tersebut terdapat cetakan Alquran terjemahan dalam beberapa bahasa. Di antaranya adalah bahasa Inggris, Urdu, dan Indonesia,” kata Al-Salimi, seperti dilansir Saudi Gazette, dan dikutip dari laman republika.co.id Rabu (16/3/2022).

Selain itu juga ada salinan Al-Tafsir Al-Muyassar, Al-Mushaf Al-Jawamii, dan Alquran ukuran besar. Semua cetakan Alquran dan kitab tafsir ini disebar di berbagai lokasi Masjidil Haram.

Al-Salimi menekankan, proses penyediaan Alquran, tafsirnya, cetakan braille, dan Al-Tafsir Al-Muyassar sedang berlangsung untuk memberi manfaat bagi pengunjung Masjidil Haram dan agar mereka dapat menggunakan waktunya dengan bijak.

Kompleks Raja Fahd yang memiliki luas 250 ribu meter persegi untuk Percetakan Alquran di Madinah, mencetak sekitar 18 juta eksemplar per tahun.

Produksi Alquran di lembaga ini menggunakan sensor yang dapat mendeteksi cacat pencetakan dan salinannya juga dapat bertahan selama sekitar 100 tahun.

Kompleks Raja Fahd untuk Percetakan Alquran didirikan pada 1985, dengan tujuan untuk memproduksi dan mendistribusikan publikasi cetak dan audio Islami.

Selain mencetak Alquran, tempat itu juga merekam bacaan dalam berbagai gaya populer di seluruh dunia Islam, menawarkan terjemahan dan interpretasi, menyajikan ilmu-ilmu Alquran, menerbitkan sunnah Nabi dan biografi, bersama

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Gus Muwafiq: Saat Ini Islam Dirusak Melalui Pemimpinnya

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Menko PMK Muhadjir Effendy

Organisasi Keagamaan Dapat Berperan Sebagai Pusat Pengembangan Narasi Moderasi Beragama

Surabaya – Moderasi beragama adalah jalan terbaik untuk mewujudkan Indonesia yang damai dan kuat ditengah …

Brigjen Ahmad Nurwakhid pada Tabligh Akbar JATMAN DIY dan Jawa Tengah

JATMAN Mitra Strategis BNPT Jalankan Kebijakan Pentahelix

Sleman – Badan Nasional Pdnanggulangan Terorisme (BNPT) terus berupaya menjalankan program kebijakan Pentahelix dalam penanggulangan …