Syekh Sudais Imam Besar Masjidil Haram
Syekh Sudais Imam Besar Masjidil Haram

Imam Besar Masjidil Haram Pimpin Program Antisipasi Cegah Corona

Mekah – Pandemi virus Corona atau COVID-19 yang terjadi hampir di seluruh dunia masih jauh dari selesai. Dampaknya kesehatan masyarakat terganggu, roda perekonomian runtuh, bahkan carabberibadah pun harus  berubah. Kondisi ini membuat hampir seluruh negara di dunia melakukan upaya-upaya strategis untuk mencegah penyebaran virus asal Wuhan, Cina itu.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Syaikh Abdurrahman bin Abdul Aziz as-Sudais bekerja sama dengan wakil komandan Satgas Khusus Keamanan Masjidil Haram Amir Badr bin Su’ud Aal Su’ud meresmikan program penyuluhan “Bersama Kita Antisipasi” dengan sasaran petugas yang ada di Masjidil Haram.

Program ini dimaksudkan untuk memberikan penyuluhan kepada petugas di Masjidil Haram untuk mengikuti seluruh prosedur pencegahan yang ditetapkan oleh Dewan Pimpinan Umum dan Lembaga terkait dalam rangka menangkal virus Corona (COVID-19).

“Selain itu, program ini memberikan penjelasan tentang cara sehat dan tepat dalam menggunakan hand sanitizer dan memakai masker,” ujar Syaikh Sudais dikutip dari laman Okezone, Sabtu (9/5/2020).

Program “Bersama Kita Antisipasi” sebagai persiapan pembukaan kembali dua masjid suci itu. Syaikh Sudais menekankan untuk selalu mengikuti semua prosedur pencegahan di dalam Masjidil Haram dengan memanfaatkan beberapa teknologi yang dapat membantu mencegah virus tersebar di antara petugas dan satuan keamanan, serta segenap pihak yang sedang bertugas.

Sebelumnya telah disampaikan terkait adanya pemasangan kamera pengukur suhu tubuh untuk mendeteksi kondisi kesehatan mereka sebelum bertugas setiap harinya di Masjidil Haram.

Dewan Pimpinan Umum menegaskan, bahwa aktivitas para pekerja terus berjalan seperti biasanya, yakni dengan menerapkan prosedur ini.

Pemerintah setempat pun hingga saat ini terus berupaya melindungi Masjidil Haram dan Masjid Nabawi dari penyebaran wabah corona. Akun twitter @HaramainInfo, mengunggah foto Syeikh Abdul Rahman bin Abdulaziz Al-Sudais beserta para petugas masjid. Ia mengapresiasi kerja pihak keamanan.

Baca Juga:  6 Situs Islam di India Yang Banyak Di Ziarahi Umat Muslim

Sebelumnya Imam Besar Masjidil Haram Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais memastikan bahwa Masjidil Haram akan kembali dibuka dalam waktu dekat ini.

Pada Selasa 28 April 2020 ia beserta jajarannya diketahui telah melaksanakan proses disinfeksi untuk mensterilkan tempat paling suci bagi umat Islam tersebut dari paparan virus corona atau COVID-19.

Dalam kesempatan tersebut, Syaikh Sudais juga sempat memberikan pidato sekaligus menyatakan bahwa Masjidil Haram akan segera dibuka untuk umum.

“Hari-hari itu akan segera tiba, ketika kesedihan berhasil diusir, dan umat Islam akan kembali ke dua masjid paling suci untuk tawaf (mengeliling Ka’bah), sa’i (ritual berlari kecil sebanyak tujuh kali dari Bukit Shafa ke Bukit Marwah dan sebaliknya), serta shalat di Al-Rawdah Sharif dan menyapa Nabi Muhammad ,” pungkasnya.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

PMII

ACT Terindikasi Pendanaan Terorisme, PMII Sarankan Kader Lebih Selektif Memilih Lembaga Filantropi

Jakarta —  Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menemukan transaksi yang diduga berkaitan dengan …

menko pmk muhadjir effendy

Resmi Cabut Izin PUB ACT, Pemerintah Sisir Izin Lembaga Pengumpul Donasi Lain

Jakarta – Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT) sedang dalam sorotan karena terindikasi menyelewengkan dana umat, …