Terduga TEroris di Jerman
Terduga TEroris di Jerman

Anggota Kelompok Islam Radikal, Pelaku Teror Mobil di Berlin Sempat Selfie Sebelum Beraksi

Berlin – Polisi Jerman langsung bergerak cepat mengamankan tersangka insiden kecelakaan beruntun di jalan tol kota Berlin, Selasa (18/8/2020) malam. Seorang pria keturunan Irak yang disinyalir anggota kelompok islam radikal diamankan. Dari bukti yang dikumpulkan, tersangka bahkan sempat selfie sebelum melakukan aksinya.

Pria yang diketahui bernama Sarmad A, berusia 30 tahun dan berasal dari Irak. Dia dituduh melakukan serangkaian kecelakaan tersebut.

“Berdasarkan investigasi negara saat ini, kami asumsikan pelaku termotivasi oleh gerakan radikal dalam melancarkan serangannya,” kata Senator Berlin untuk Urusan Dalam Negeri, Andreas Geisel.

Sarmad juga telah diinvestigasi untuk tiga kasus pembunuhan lainnya. Menurut pihak berwenang seperti dikutip The Sun, sebelum melancarkan aksinya Sarmad A sempat mengunggah foto selfie di akun Facebook.

Dia mengunggah foto dirinya yang berdiri di dekat mobil Opel Astra hitam yang dia gunakan untuk meneror dan membuat kecelakaan di jalan raya. Tak hanya itu, Sarmad juga mengunggah slogan-slogan berbau keagamaan di Facebook.

Sarmad tiba di Jerman pada 2015, beberapa bulan setelah menyelesaikan studi desain grafis di College of Fine Arts di Karbala, Irak. Banyak orang-orang yang berkawan dengan Sarmad di media sosial menggambarkan bahwa dia adalah pria yang normal dan sering keluar dengan kawan-kawannya serta mengendarai motor.

Dalam satu postingan dari November 2015, dia bahkan mengubah foto profilnya menjadi filter bendera Perancis, sebuah simbol solidaritas populer untuk para korban serangan teror Paris yang dilakukan oleh ISIS.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Kades Jaringan Teroris, BNPT: Penyusupan ke Lembaga Negara Sebagai Modus Capai Tujuan Mereka

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

dr Fauzia Gustarina Cempaka Timur S IP M Si

Celah Intoleransi Dalam Beragama Diincar Kelompok Radikal Untuk Sebarkan Virus Radikalisme

Jakarta – Kelompok radikal selalu berupaya memanfaatkan berbagai cara untuk menyebarkan virus radikalisme. Salah satunya …

RDP Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dengan Komisi VIII DPR RI

Dai Harus Miliki Strategi Metode Dakwah yang Menitikberatkan Wawasan Keberagamaan dan Kebangsaan

Jakarta – Sertifikasi penceramah atau dai dilakukan demi meningkatkan pemahaman moderasi beragama kepada kalangan dai …