Thomas Ricketts
Thomas Ricketts

Anti Islam, Suporter Chelsea Tolak Calon Pemilik Baru Konglomerat Amerika Serikat

London–  Perang Rusia dan Ukraina berimbas klub sepakbola Chelsea. Pasalnya bos besarnya Roman Abramaovich langsung lengser dari Stamford Brigde akibat asset-asetnya di Inggris dibekukan sebagai hukuman akan kedekatan dia dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Chelsea goyah dan akhirnya resmi dijual. Beberapa orang kaya dunia pun telah disebut-sebut akan mengambil alih Chelsea, termasuk keluarga Ricketts dari Amerika Serikat (AS). Bahkan Ricketts telah merencanakan akan ke London dan berkunjung ke Chelsea.

Namun rencana itu ditentang keras pendukung Chelsea. Salah satu alasan penolakan itu karena Rickettts selama ini dikenal anti Islam. Alasan lainnya Ricketts miliki trek jelek mengurus klub olahraga, dan juga dekat dengan penguasa, seperti Abramovich.

Penolakan itu disampaikan supporter dengan tagar penolakan ini menjadi trending topik di media sosial Twitter. Jagat Twitter dihebohkan dengan munculnya tagar #NoToRicketts yang dikumandangkan seluruh fans Chelsea dari seluruh dunia.

Tagar ini lahir menyusul adanya laporan bahwa taipan asal Amerika Serikat, Keluarga Ricketts akan berkunjung ke London untuk menemui perwakilan Chelsea guna membahas pengambilalihan klub.

Sebagaimana diketahui, Chelsea tengah dalam masa pencarian pemilik baru usai pemilik lama, Roman Abramovich melepaskan genggamannya terhadap klub yang telah dikuasainya selama 19 tahun itu. Keluarga Ricketts menjadi salah satu calon pemilik barunya. Ia bersama kurang lebih 20 investor, seperti laporan The Athletic, telah melayangkan tawaran.

Tawaran itu dilayangkan kepada Raine Group, sebuah bank yang ditunjuk Abramovich untuk proses pengambilalihan klub. Keluarga Ricketts diketahui telah melayangkan tawaran sebesar 2,3 miliar poundsterling (Rp43 triliun). Tawaran ini membuat mereka lantas masuk dalam kandidat kuat pemilik baru Chelsea.

Hanya saja, latar belakang Keluarga Ricketts membuat pendukung Chelsea ramai-ramai menolak kehadirannya sebagai pemilik baru.

Baca Juga:  Tuah Berbuka Puasa Lebih Dulu, Benzema Pun Cetak Hattrick ke Gawang Chelsea

Tak hanya pendukung, mantan pemain Chelsea juga menolak kehadiran mereka yang dilaporkan BBC juga akan mengadakan pertemuan dengan perwakilan suporter. Alasan pertama mengapa pendukung Chelsea menolak Keluarga Ricketts tak lepas dari sikap rasis mereka di masa lampau.

Saat nama Keluarga Ricketts muncul sebagai calon pemilik baru, para pendukung Chelsea melakukan investigasi mendalam terhadap latar belakang mereka. Ternyata ditemukan bahwa Keluarga Ricketts merupakan sosok anti Islam atau anti muslim. Hal ini diketahui dari bocoran Email ke temannya pada 2012 yang dipublikasikan berbagai media massa.

“Kristen dan Yahudi bisa saling menghormati satu sama lain dan membentuk sebuah masyarakat. Seperti yang Anda ketahui, Islam tak bisa melakukannya,” bunyi surel dari Rickets yang dilansir dari Sports Yahoo.

“Oleh karena itu, kita tidak bisa membiarkan Islam menjadi bagian besar dari masyarakat kita. Muslim secara alami adalah musuh saya (kami) karena antagonisme dan bias mereka yang mendalam terhadap non Muslim,” bunyi lanjutan surel itu.

Dilansir dari sumber yang sama, Keluarga Ricketts sendiri sudah meminta maaf akan pernyataan tersebut dan bocornya surel itu. Namun, masa lalu ini menjadi pertimbangan para pendukung Chelsea yang menolak adanya pemilik baru yang punya pandangan ekstrem terhadap suatu agama atau ras.

Hal ini pun diperkuat dengan penolakan dari mantan pemain Chelsea, Paul Cannovile yang merupakan pemain kulit hitam pertama The Blues.

Oleh karenanya, Paul Cannovile dan pendukung Chelsea mendesak Raine Group dan Pemerintah Inggris untuk menolak kehadiran Keluarga Ricketts dengan tagar #NoToRicketts.

So I’ve seen and heard enough. I’m backing @ChelseaSTrust and saying a big fat anti racism NO to the Ricketts bid!! Please can you stop even mentioning it @SkySportsNews @GregHands #NoToRicketts

— Paul Canoville (@Kingcanners) March 22, 2022

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

raker penyelenggaraan ibadah haji

Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas Minta Santri Semangat Menuntut Ilmu Dan Lawan Kebencian Terhadap Santri Dengan Prestasi

Jakarta – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta kepada para santri untuk terus menuntut ilmu secara sungguh-sungguh, …

Sarasehan Penguatan Moderasi Beragama BNPT dan UMY

Cegah Virus Radikal Terorisme di Sekolah, BNPT Perkuat Moderasi Beragama Guru SMA/SMK se-DIY

Yogyakarta – Generasi Z dan generasi milenial antara usia 14-39 tahun menjadi generasi yang paling …