mandi pada malam awal ramadan
mandi

Benarkah Disunnahkan Mandi pada Malam Pertama Ramadan?

Banyak beredar di media sosial informasi tentang mandi sunnah di malam pertama bulan Ramadan. Informasi seperti ini tidak boleh diamini secara serta merta. Kita harus bijak mengelola, mengevaluasi dan mempertanyakan validitas dalilnya. Kalaupun informasi tersebut benar setelah dilakukan pengkajian, manfaat bagi kita adalah tidak taklid buta terhadap ajaran Islam.

Fatal kalau informasi tentang hukum Islam yang banyak beredar di media sosial diterima begitu saja. Selain menyudutkan kita pada situasi pembodohan, dampak lebih panjangnya adalah pembodohan berantai apabila informasi tersebut kita sampaikan kepada orang lain.

Seperti informasi yang banyak beredar menjelang Ramadan tentang anjuran mandi sunnah pada malam pertama bulan Ramadan. Apakah benar demikian? Harus ricek kebenarannya terlebih dulu.

Dalam kitab Hasyiyah al Bajuri dijelaskan, dalam kitab-kitab yang super lengkap yang ditulis berjilid-jilid, dianjurkan mandi sunnah ketika akan memasuki kota Madinah dan setiap malam pada bulan Ramadan. Menurut Imam al Adzra’i anjuran ini hanya berlaku untuk orang yang akan menghadiri (shalat) berjamaah. Namun, menurut pendapat yang mu’tamad (kuat) tidak ada pembatasan seperti pendapat al Adzra’i.

Dengan demikian, memang ada anjuran mandi sunnah pada malam pertama bulan Ramadan, bahkan anjuran tersebut pada setiap malam bulan Ramadan.

Perlu diperhatikan, yang dianjurkan adalah mandi sunnah, bukan mandi wajib. Ini, karena sebagian umat Islam masih ada yang menyangka bahwa yang dianjurkan adalah mandi wajib. Sangkaan tersebut akan berakibat fatal kalau sampai menduga bahwa mandi wajib termasuk syarat atau rukun puasa.

Mandi wajib yang dianjurkan dilakukan pada malam Ramadan adalah mandi wajib karena junub, haid dan nifas. Hal ini supaya bisa menunaikan puasa dalam keadaan suci, bukan karena dianjurkan di malam bulan Ramadan. Sebab, seseorang yang berpuasa dalam keadaan junub puasanya tetap sah. Hukum ini telah maklum diketahui.

Baca Juga:  Bukan Sekedar Ditilang, Hukum Melanggar Lalu Lintas adalah Haram

Kesimpulannya, memang ada anjuran mandi sunnah di setiap malam bulan Ramadan. Demikian juga mandi wajib karena junub, haid dan nifas. Tetapi, andaipun mandi wajib karena ketiga faktor tersebut setelah subuh, puasanya tetap sah.

Bagikan Artikel ini:

About Nurfati Maulida

Avatar of Nurfati Maulida

Check Also

qorun

Kisah Qarun: Simbol Oligarki Finansial dalam Al Qur’an

Terlalu sederhana, hanya menceritakan Qarun sebagai pengusaha tamak sampai lupa perintah zakat. Hampir tidak ada …

haman

Haman: Kisah Politikus Rakus pada Zaman Fir’aun yang Diceritakan Al-Quran

Sebuah bangsa dibangun dengan hati penyair, namun hancur di tangan politikus Dr. Muhammad Iqbal Haman …