Bom bunuh diri di Masjid Syiah Pakistan
Bom bunuh diri di Masjid Syiah Pakistan

Bom Bunuh Diri di Masjid Syiah di Pakistan Saat Salat Jumat, 56 Jamaah Tewas, ISIS Lagi

Jakarta – Serangan terhadap masjid syiah kembali terjadi. Kali ini, sebuah masjid syiah di kota Peshawar, Pakistan, hancur setelah bom bunuh diri meledak saat pelaksanaan salat Jumat. Lebih 50 orang tewas dan puluhan lainnya luka berat. Kelompok teroris ISIS kembali mengklaim tindakan keji tersebut.

Dilansir AFP, Jumat (4/3/2022), saksi mata mengatakan, ledakan besar di daerah Kocha Risaldar di Peshawar — sekitar 190 kilometer (120 mil) barat ibu kota Islamabad — terjadi beberapa saat sebelum salat Jumat.

“Saya melihat seorang pria menembaki dua polisi sebelum dia memasuki masjid. Beberapa detik kemudian saya mendengar ledakan besar,” kata saksi mata bernama Zahid Khan.

Ledakan itu terjadi pada hari pertama pertandingan uji coba kriket di Rawalpindi antara Pakistan dan Australia, yang belum mengunjungi negara itu selama hampir seperempat abad karena masalah keamanan.

Muhammad Asim Khan, juru bicara Rumah Sakit Lady Reading di Peshawar, membenarkan jumlah korban tewas 30 orang. Dia mengatakan rumah sakit telah mengumumkan keadaan darurat.

Ledakan itu menghancurkan jendela gedung-gedung di dekatnya. Para petugas penyelamat yang panik terlihat mengangkut para korban tewas dan luka-luka dari tempat kejadian. Kabar terakhir, korban tewas menjadi 56 orang dan 194 orang terluka.

Kelompok teroris ISIS mengklaim bertanggung jawab atas bom bunuh diri tersebut.

“Hari Jumat, seorang prajurit ISIS berhasil menyerang sebuah masjid Syiah di Peshawar, barat laut Pakistan,” demikian bunyi media propaganda ISIS, Amaq, seperti dikutip AFP.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Islah Bahrawi: Konflik Berpotensi Jadi Trigger Lahirkan Aksi Terorisme

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Syeikh Yusuf Al Qaradhawi

Innalillahi… Cendekiawan Islam Syeikh Yusuf Al Qaradhawi Wafat

Jakarta – Dunia Islam kembali kehilangan salah satu cendekiawan terbaiknya. Cendekiawan Islam dan Presiden Pendiri …

Masjid di Nigeria diserang teroris bersenjata saat digelar Salat Jumat

Salat Jumat Diserang Teroris Bersenjata di Nigeria, 15 Jamaah Tewas

Abuja- Aksi biadab terjadi di di negara bagian Zamfara, Nigeria barat laut, Jumat (23/9/2022). Sebuah …