Komjen Listyo Sigit Prabowo Saat Fit And Proper Test Di Komisi Iii Dpr Ri, Rabu, 20 Januari 2021
Komjen Listyo Sigit Prabowo saat fit and proper test di Komisi Iii DPR RI, Rabu, 20 Januari 2021

Cegah Radikalisme & Terorisme, Anggota Polri Yang Beragama Islam Wajib Pelajari Kitab Kuning

Jakarta – Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo memaparkan visi dan misi yang akan ia lakukan jika menjadi kapolri. Pemaparan tersebut dilakukan fit and proper test calon kapolri dihadapan Komisi III DPR RI, Rabu (20/1/2021).

Salah satunya, Listyo bakal mewajibkan anggotanya untuk mempelajari kitab kuning. Hal tersebut dimaksudkan untuk mencegah masuknya paham radikalisme dan terorisme.

Listyo bercerita, saat menjabat sebagai Kapolda Banten, dia sempat mewajibkan anggotanya yang beragama Islam untuk membaca kitab kuning. Hal itu ia lakukan untuk mencegah terorisme berdasarkan ajaran ulama-ulama.

“Di Banten saya pernah sampaikan, anggota wajib untuk belajar kitab kuning. Karena kami mendapatkan masukan dari ulama-ulama yang kami datangi bahwa untuk mencegah berkembangnya terorisme salah satunya adalah dengan belajar kitab kuning,” kata dia.

Ia membenarkan saran para ulama itu. Dia pun berencana untuk menerapkan cara tersebut bila dia menjabat sebagai kapolri.

“Tentunya baik di eksternal maupun internal, saya yakini bahwa apa yang disampaikan oleh kawan-kawan ulama itu benar adanya,” kata dia

Selain itu, alumni Akpol tahun 1991 itu akan melibatkan pesantren dan tokoh agama dalam program deradikalisasi para narapidana terorisme (napiter).

“Penahanan merupakan sarana edukasi (deradikalisasi) melalui pendidikan, pendidikan dengan melibatkan pesantren-pesantren dan tokoh-tokoh agama untuk ikut terlibat di dalamnya,” kata Listyo.

Dia menjamin, penegakan hukum terorisme dilakukan secara tegas dan tetap mengedepankan HAM.

“Penegakan hukum tindak pidana terorisme dilakukan secara tegas dan terukur namun tentunya dengan tetap menghormati hak asasi manusia (HAM),” ujarnya.

Bagikan Artikel
Baca Juga:  Konten Dakwah Tayangan Religi di Televisi Harus Sejuk dan Damai
Best Automated Bot Traffic

About redaksi

Avatar