muslim amerika
muslim amerika

Colgate Jadi Kampus Pertama di New York Yang Punya Imam

NEW YORK – Kampus Colgate menjadi Universitas pertama di Amerika Serikat (AS) yang mempunyai Imam. Keputusan pihak Universitas menunjuk Celik sebagai imam disambut bahagia oleh mahasiswa muslim. Celik merupakan seorang kandidat Ph. D dan pengajar studi agama-agama dan Timur Tengah di Universitas Syracuse.

Sebelum penunjukan imam, terdapat ruang doa khusus di Broad Street untuk mahasiswa muslim, staf fakultas dan anggota staf. Celik akan menjadi pemimpin Asosiasi Mahasiswa Muslim (MSA) dan bertindak sebagai sumber spiritual dan intelektual bagi siswa dari semua agama.

“Saya merasa terhormat dengan posisi sebagai imam Muslim pertama di Colgate. Saya suka cara staf dan siswa Colgate saling mengenal, berhubungan satu sama lain, dan cara mereka berinteraksi satu sama lain. Saya pikir akan baik bagi saya untuk menjadi bagian dari komunitas yang relatif kecil, dan saya juga suka bekerja dengan siswa,” kata Celik.

“Saya juga tahu bahwa saya memiliki jenis latar belakang akademis dan teoritis (untuk) posisi seperti itu,” kata Celik dilansir dari laman The Colgate Maroon News dan republika.co,id Jumat (9/7).

Celik menerima gelar BA dalam studi Islam dan teologi dan MA dalam hukum Islam dan sejarah politik Ottoman dari Universitas Marmara. Dia adalah seorang sarjana tamu di Universitas Columbia antara 2015 dan 2017. Baru-baru ini meneliti agama dan hak asasi manusia di Strasbourg, Prancis. Celik juga bekerja sebagai imam tamu untuk Universitas.

Wakil Presiden dan Dekan College, Paul McLoughlin, mengumumkan penunjukan Celik melalui surat elektronik pada 3 Juni 2021. Diskusi tentang mempekerjakan seorang imam kampus dimulai lima tahun sebelumnya ketika MSA mengajukan permohonan. 

Penunjukan Celik merupakan hasil dari seleksi yang dilakukan mahasiswa Muslim, fakultas dan anggota staf termasuk anggota komite dan Presiden MSA Mohamed Esmail.

Baca Juga:  Saat Pemerintah India Berupaya Asingkan Umat Islam, Warga Sikh Ini Justru Sumbang Tanah Untuk Masjid

“Tujuan MSA meminta imam di kampus adalah karena dua alasan utama, membangun komunitas dan sholat Jumat. Komunitas MSA di Colgate kehilangan pusat, seperti seorang imam, untuk mewakili dan membantu membangun komunitas,” kata Esmail.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Gus Muwafiq bermain gitar dan musik

Gus Muwafiq: Musik Akan Jadi Alat Setan Bila Dipegang Orang-orang Yang Lalai

Jakarta – Pernyataan Uki Eks Noah bahwa musik itu haram berbuntut kontroversi. Raja Dangdut H. …

Khotbah Jumat

Wacana Khotbah 15 Menit, Muhammadiyah: Singkat Bukan Untuk Cegah Ngantuk, Tapi Sunah Nabi

Jakarta – Wadah Silaturrahmi Khatib Indonesia (Wasathi) mewacanakan usulan khotbah di masjid-masjid di seluruh Indonesia …