Petugas keamanan Arab Saudi periksa ketat setiap kendaraan yang akan masuk Mekah dan Madinah
Petugas keamanan Arab Saudi periksa ketat setiap kendaraan yang akan masuk Mekah dan Madinah

Otoritas Keamanan Arab Saudi Tangkap 52 Jamaah Haji Ilegal

Mekah – Keputusan pemerintah Kerajaan Arab Saudi kembali memberlakukan pelaksanaan ibadah haji terbatas akibat pandemi Covid-19 yang masih tinggi. Total hanya 60 ribu orang yang boleh mengikuti ibadah haji tahun ini.

Itu pun mereka hanya warga lokal atau ekspatriat yang memang sudah tinggal lama di Arab Saudi dan berusia 18-65 tahun. Pembatasan ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 termasuk varian barunya, serta untuk menjaga keselamatan dan kesehatan para peserta haji.

Untuk mendukung aturan itu, otoritas keamanan Arab Saudi sangat ketat menjaga pintu keluar masuk ke dua kota suci Mekah dan Madinah. Alhasil, 52 orang ditangkap dengan tuduhan akan mengikuti ibadah haji secara ilegal.

Juru bicara Komando Pasukan Keamanan Haji Brigadir Jenderal Sami Al-Shuwairekh , mengatakan pihaknya menangkap 52 jamaah haji ilegal ketika mencoba memasuki Mekah tanpa izin haji. Atas pelanggaran itu pihaknya mendenda mereka sebesar 10 ribu riyal atau setara Rp38 juta.

Al-Shuwairekh meminta semua warga dan penduduk untuk mematuhi instruksi yang dikeluarkan oleh otoritas terkait untuk musim haji tahun ini.

“Pasukan keamanan akan mengambil tindakan hukuman terhadap siapa saja yang mencoba memasuki Masjidil Haram, Area Haram Pusat, dan tempat-tempat suci Mina, Muzdalifah dan Arafat tanpa izin, hingga akhir hari ke-13 Dzulhijjah. Hukuman akan berlipat ganda jika pelanggaran diulang selama musim haji,” katanya dikutip dari laman Saudigazette, Jumat (9/7/2021)

Larangan masuk ke tempat-tempat suci tanpa izin haji mulai berlaku Senin, 5 Juli atau 13 hari sebelum haji tahunan yang diperkirakan akan dimulai pada 18 Juli 2021.

“Aparat keamanan akan melaksanakan tugasnya di sepanjang jalan, posko pemeriksaan, serta di lokasi dan koridor yang mengarah ke area pusat di sekitar Masjidil Haram untuk mencegah upaya pelanggaran peraturan yang dikeluarkan terkait hal ini,” kata Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi dalam sebuah pernyataan.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Mahfud Md : Pemerintah Cari Data Anak-anak WNI Eks ISIS

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Gus Muwafiq bermain gitar dan musik

Gus Muwafiq: Musik Akan Jadi Alat Setan Bila Dipegang Orang-orang Yang Lalai

Jakarta – Pernyataan Uki Eks Noah bahwa musik itu haram berbuntut kontroversi. Raja Dangdut H. …

Khotbah Jumat

Wacana Khotbah 15 Menit, Muhammadiyah: Singkat Bukan Untuk Cegah Ngantuk, Tapi Sunah Nabi

Jakarta – Wadah Silaturrahmi Khatib Indonesia (Wasathi) mewacanakan usulan khotbah di masjid-masjid di seluruh Indonesia …