Brigjen Sami Al Shuwairekh
Brigjen Sami Al Shuwairekh

Terobos Masjidil Haram, 9 Haji Ilegal Ditangkap Otoritas Arab Saudi

Jakarta – Otoritas keamanan haji Arab Saudi terus melakukan pengetatan dan pemantauan pelaksanaan ibadah haji. Selain memantau protokol kesehatan jamaah, mereka juga mencermati setiap orang yang mencoba mengikuti ibadah haji secara ilegal.

Setelah sebelumnya 55 orang haji ilegal, otoritas keamanan Arab Saudi kembali menggagalkan jamaah ilegal. Kali ini sembilan orang haji ilegal ditangkap setelah berusaha menerobos masuk ke Masjidil Haram.

Dikutip dari laman Saudi Gazette yang mengutip kantor berita Saudi Press Agency, kabar penangkapan itu disampaikan Komandan Pasukan Pengamanan Haji, Brigjen Sami Al Shuwairekh.

“Sabtu pekan lalu, kami menangkap sembilan orang yang hendak menerobos Masjidil Haram,” kata Brigjen Al Shuwairekh.

Ia menegaskan bahwa para pelanggar itu langsung didenda 10 riyal atau sekitar Rp 38 juta.

Al Shuwairekh meminta pada penduduk dan pemukim di Saudi memahami aturan pelaksanaan haji tahun ini yang digelar terbatas. Hanya 60 ribu orang yang diizinkan melaksanakan ibadah haji.

“Saya ingatkan jangan ada lagi kenekatan menerobos Masjidil Haram atau sejumlah lokasi haji lainnya,” tegasnya.

Kementerian Kesehatan Arab Saudi menyatakan seluruh jamaah calon haji dalam kondisi prima. Pada Sabtu pekan lalu tercatat ada sebuah insiden yakni mana seorang calon haji asal Pakistan mengalami serangan jantung, tetapi berhasil ditolong.

Saat ini jamaah calon haji sedang berada di Padang Arafah, Mina, untuk melakukan wukuf sebagai puncak ibadah. Besok umat Muslim di dunia akan memperingati Idul Adha.

Pelaksanaan haji tahun masih dilakukan terbatas seperti tahun lalu. Pada tahun ini ada 60 ribu orang yang terpilih setelah melalui seleksi dari 558 ribu orang yang mendaftar yang berasal dari 150 negara.

Mereka yang mendaftar haji tahun ini hanya bisa dilakukan oleh penduduk Saudi dan pemukim yang tinggal dalam waktu lama di negara itu.

Baca Juga:  Bomber Makassar Milenial Yang Terpapar Radikalisme Akibat Salah Ikuti Kajian Agama

Pelaksanaan ibadah haji tahun ini juga menerapkan protokol kesehatan dengan ketat untuk menghindari penyebaran Covid-19. Para calon haji wajib mengenakan masker sepanjang waktu, menjaga jarak dan dilarang menyentuh Hajar Aswad di Ka’bah.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Gus Muwafiq bermain gitar dan musik

Gus Muwafiq: Musik Akan Jadi Alat Setan Bila Dipegang Orang-orang Yang Lalai

Jakarta – Pernyataan Uki Eks Noah bahwa musik itu haram berbuntut kontroversi. Raja Dangdut H. …

Khotbah Jumat

Wacana Khotbah 15 Menit, Muhammadiyah: Singkat Bukan Untuk Cegah Ngantuk, Tapi Sunah Nabi

Jakarta – Wadah Silaturrahmi Khatib Indonesia (Wasathi) mewacanakan usulan khotbah di masjid-masjid di seluruh Indonesia …