Sekjen WHO Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus
Sekjen WHO Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus

WHO Puji Langkah Arab Saudi Gelar Haji Dengan Aturan dan Prokes Ketat

Jeddah – Arab Saudi kembali menggelar ibadah haji 1442 H dengan aturan dan protokol kesehatan (prokes) super ketat untuk mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19. Tahun lalu, ibadah haji hanya diikuti 10 jamaah dan hanya untuk warga lokal, tahun ini tetap hanya untuk warga lokal, tetapi jumlah jamaah lebih banyak menjadi 60 ribu orang. Selain itu, seluruh jamaah juga wajib telah menjalani vaksinasi Covid-19.

Langkah itu dipuji oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

“Ketika umat beriman berkumpul untuk melakukan haji tahun ini, kami menyambut baik perencanaan kesehatan masyarakat dan langkah-langkah yang telah diambil Arab Saudi untuk memastikan keselamatan jamaah dan komunitas mereka selama pandemi Covid-19,” ujar Ghebreyesus dalam cuitannya di Twitter.

Dikutip dari laman Saudigazette, Senin (19/7/2021) disebutkan, Arab Saudi menjadi tuan rumah haji lain yang dirampingkan tahun ini, yang memungkinkan 60.000 jamaah haji yang divaksinasi penuh untuk melakukan ibadah haji tahun ini.

Tedros menambahkan bahwa langkah-langkah yang diambil oleh Arab Saudi selama haji telah menjadi contoh bagi negara-negara yang ingin kembali ke kehidupan normal dan beradaptasi dengan kondisi di bawah virus.

Sementara itu, pejabat Kementerian Kesehatan Arab Saudi menyatakan tidak ada kasus covid-19 yang terdeteksi di antara para jamaah haji selama musim haji tahun ini berlangsung.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan Arab Saudi dr Mohammed Al-Abd Al-Aly mengatakan hingga kini belum ada kasus covid-19 yang terdeteksi antar-jamaah haji. Protokol kesehatan dan tindakan pencegahan dapat memastikan musim haji tahun ini berlangsung aman.

Tahap pertama protokol dimulai sebelum jamaah haji tiba di Masjidil Haram di Kota Makkah pada hari Sabtu lalu untuk memulai ibadah haji.

Baca Juga:  Janji Militer Myanmar Adili Anggotanya Yang Terlibat Genosida Muslim Rohingya Diragukan

“Pada fase ini, kami memastikan semua jamaah telah menerima vaksin yang diperlukan,” kata Al-Aly, dikutip dari Arabnews, Senin (19/7/2021).

Tahap kedua, terus menyosialisasikan kesadaran kepada semua jamaah haji dan memberitahukan langkah-langkah pencegahan persebaran covid-19.

“Karena para jamaah berasal dari negara berbeda, kampanye kesadaran diluncurkan melalui berbagai bahasa,” jelasnya.

Petugas kesehatan khusus pun terus menemani jamaah haji untuk memeriksa mereka dan memberikan saran.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

AC Milan ucapkan Selamat Maulid Nabi Muhammad

AC Milan Ucapkan Selamat Maulid Nabi Muhammad Kepada Fans Beragama Islam

Milan – Klub sepakbola AC Milan memberi ucapan selamat Maulid Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. …

Ken Setiawan di UM Metro

Ken Setiawan: Ribuan Kelompok Radikal yang Mengatasnamakan Agama di Lampung Masih Gentayangan

Lampung – Pendiri Negara Islam Indonesia (NII) Crisis Center Ken Setiawan mengaku prihatin terhadap fenomena …