jemaah an nadzir di gowa gelar salat iduladha hari ini
jemaah an nadzir di gowa gelar salat iduladha hari ini

Hari Ini, Jemaah An Nadzir di Gowa Gelar Salat Iduladha

Jakarta – Idul Adha tahun ini jatuh pada tanggal 20 Juli 2021 dan akan dilaksanakan secara ketat mengikuti protokol kesehatan (Prokes) yang telah disosialisasikan oleh pemerintah. Masih tingginya penyebaran Covid- 19 menjadikan pelaksanaan Idul Adha tidak seperti tahun – tahun sebelumnya.

Meskipun pemerintah dan sebagian besar umat islam melaksanakan Idul Adha besok, berbeda dengan Jemaah An Nadzir, Gowa, Sulawesi Selatan yang telah melaksanakan salat Idul Adha pada hari ini di Masjid Baitul Muqaddis An Nadzir, Senin (19/7/21). Pimpinan Jemaah An Nadzir, Ustadz M Samiruddin Pademuui mengatakan dirinya bersama jemaah lainnya bersyukur bisa melaksanakan salat Iduladha meski di tengah pandemi Covid-19. Ia menjelaskan An Nadzir lebih dahulu melaksanakan salat Iduladha setelah melakukan perhitungan bulan Dzulhijjah.

“Pada tanggal 10 Juli kemarin, sudah terjadi pergantian bulan alias sudah masuk 1 Dzulhijjah 1442 H. Setelah itu kami berhitung dari tanggal 11 hingga hari ini itu jatuh 10 Dzulhijjah, sehingga kita melaksanakan salat Id,” ujarnya kepada wartawan. Seperti dikutip dari laman merdekacom. Senin (19/7/21).

Ia mengatakan pelaksanaan salat Iduladha dilakukan sesuai dengan imbauan pemerintah terkait dengan protokol kesehatan. Ia menegaskan sebelum adanya istilah keputusan pemerintah seperti Lockdown, PSBB, dan PPKM, Samiruddin mengaku jemaah An Nadzir sudah melakukannya.

“Kami sampaikan bahwasannya dia An Nadzir ini sebelum kebijakan-kebijakan tentang lockdown, PSBB, dan PPKM itu kita sudah 10 tahun lebih dulu (melakukan) di sini,” tuturnya.

Ia mencontohkan jemaah An Nadzir jarang beraktivitas di luar perkampungan. Meskipun ada itu hanya satu atau dua orang saja.

“Di sini itu rata-rata aktivitas adalah pertanian. Ibu-ibu tinggal di rumah saja, hanya 1-2 orang saja yang beraktivitas di luar,” kata dia.

Baca Juga:  Kurangi Penggunaan Kantong Plastik Saat Kurban, Warga Sebaiknya Bawa Wadah Sendiri

Terkait isi khutbah salat Idualdha, Samiruddin mengatakan tentang ketokohan Nabi Ibrahim, Siti Hajjar, dan Ismail selalu diingat saat momen Iduladha atau kurban.

“Dari 3 tokoh inilah hingga sekarang selalu dilakukan oleh umat Islam di Mekkah menunaikan ibadah haji. Banyak sekali kisah didalamnya yang harus kita kenang dan kita petik hikmahnya,” kata dia.

Untuk tahun ini, jemaah An Nadzir memotong tiga ekor sapi. Nantinya, daging kurban akan dibagikan kepada seluruh jemaah An Nadzir.

“Alhamdulillah hari ini Allah telah membagi rezeki dari sahabat-sahabat kita pada hari ini akan kurban 3 ekor sapi. Insyaallah akan dibagikan prioritas kepada jemaah, kalau nanti ada lebihnya akan dibagikan juga masyarakat yang berada sekitar pondok ini,” ucapnya. [eko]

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Imam Besar Al Azhar dan Paus Franciskus

UIN Suka Akan Berikan Gelar HC Kepada Imam Besar Al Azhar dan Paus Franciskus

Jakarta –  Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga (Suka) Yogyakarta akan memberikan gelar Honoris Causa …

ibadah umrah di masa pandemi

Persiapkan Haji dan Umrah Sejak Dini, Kemenag Susun Skema Vaksin & Booster Untuk Calon Jemaah Umrah

Jakarta – Pelaksanaan ibadah haji telah dua kali ditunda akibat adanya pandemi Covid- 19. Terakhir …