udzur shalat jumat
salat jumat di sunter jakut

Beberapa Masjid di DKI Tetap Gelar Salat Jumat, MUI: Tak Ada Jaminan Semua Jemaah Sehat

Jakarta – Sepekan setelah penerapan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, masih banyak pengurus masjid yang menggelar salat Jumat, sehingga menimbulkan kerumunan, khusus di wilayah Jakarta beberapa masjid masih terpantau melaksanakan salat jumat seperti yang dilaporkan oleh Dewan Masjid Indonesia (DMI).

Pemberlakuan PPKM sejatinya bukan hanya untuk keselamatan individu, melainkan untuk menjaga keselamatan bersama dan hal tersebut merupakan perintah agama. Oleh karena itulah Majelis Ulama Indonesia (MUI) menghimbau agar pengurus masjid lebih peka akan sitausi yang sedang terjadi, karena jamaah yang hadir tidak ada yang dapat menjamin kesehatanya atau terbebas dari Covid- 19.

“Untuk sementara kerumunan dihindarkan karena masjid ini belum bisa dipastikan bahwa yang ikut jamaah semua orang sehat, itu yang perlu diperhatikan. Kecuali misalkan masjid-masjid ini bisa memastikan bahwa yang jemaah ini hanya orang yang sehat, maka itu tidak menjadi masalah. Tapi kan itu nggak ada jaminan,” kata Wasekjen MUI M Ziyad kepada wartawan, seperti dilansir dari laman detikcom. Jumat (9/7/2021).

Ziyad mengatakan bahwa selama ini tidak ada masjid yang menyediakan alat tes bebas Covid-19 untuk jemaah yang datang. Oleh karena itu, MUI meminta agar masjid-masjid yang berada di zona merah mengikuti aturan PPKM Darurat.

“Karena itu lah MUI memberi imbauan untuk masa ini, kecuali ada masjid yang tadi itu memungkinkan bahwa jemaah itu dipastikan hanya orang sehat, itu bisa ditoleransi. Itu pun harus memperhatikan protokol kesehatan, jaraknya, durasi waktu, agar tidak terjadi kerumunan dan seterusnya. Tapi apakah semua itu dijamin?,” ucapnya.

Kemudian Ziyad menyinggung pelaksanaan salat berjamaah di zaman Nabi Muhammad SAW ketika terjadi hujan deras. Kala itu, kata dia, Nabi yang tidak ingin pelaksanaan salat berjamaah menimbulkan mudarat bagi para jemaah meminta agar ibadah dilakukan di rumah masing-masing.

Baca Juga:  "Sindikasi Media Islam" Wadah Berbagi Peran Media Moderat Hadapi Narasi Radikalisme

“Artinya tidak ada kewajiban atau sunah muakad tepatnya untuk salat jemaah itu untuk ke masjid, tapi di rumah masing-masing. Padahal itu bukan wabah, apalagi dalam kondisi wabah yang sekarang ini penyebarannya luar biasa masif dan tinggi,” ujarnya.

“Karena itulah menghindarkan mudarat itu didahulukan daripada mengambil maslahat. Toh ini kan bersifat sementara bukan permanen,” tambahnya.

Lebih jauh, Ziyad mengajak masyarakat agar beribadah berdasarkan pada pemahaman sesuai tuntunan Nabi. Menurutnya, masyarakat tidak boleh beribadah berdasarkan nafsu.

“Kan Nabi mengingatkan, lari lah kamu sejauhnya dari penyakit menular sebagaimana kamu lari ketika bertemu dengan singa. Itu adalah syariat, ketika ada wabah kita lari menghindar agar tidak tertular,” katanya.

Seperti diketahui, ada sejumlah masjid di DKI Jakarta tetap menggelar Salat Jumat berjamaah saat PPKM Darurat. Dari laporan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Salat Jumat berjamaah digelar masjid-masjid di Jakarta Pusat hingga Jakarta Utara. Ada beberapa jemaah bahkan tampak tidak memakai masker.

Seperti dua masjid di Sunter, Jakarta Utara, yakni Masjid Jami’ Al-Mukhlis dan Masjid Khoirul Biqo, yang masih menggelarsalat Jumat.Saf meluas hingga ke badan jalan.

Selain dua masjid di Sunter, ada tiga masjid di Koja, Jakut, juga menggelar salat Jumat. Ketiga masjid itu adalah Masjid Al Ittihad, Masjid Al Muflihin, dan Masjid An Anfal.

Tidak hanya di masjid-masjid kawasan Jakarta Utara, salat Jumat berjemaah saat PPKM Darurat juga digelar di kawasan Jakarta Pusat. DMI mengungkap ada 21 masjid di Gambir yang menggelar salat Jumat pada Jumat (9/7).

Berikut ini daftar 21 masjid di Gambir yang menggelar salat Jumat:

1. Masjid Al Qorieb, Petojo Utara
2. Masjid Jami Khairil Biqo, Petojo Utara
3. Masjid Jami’ Nurun ‘Ala Nurin, Petojo Utara
4. Masjid Jami’ An Nur, Petojo Utara
5. Masjid Jami’ Al Ikrom, Petojo Utara
6. Masjid Al Huda, Duri Pulo
7. Masjid Syiar Islam, Duri Pulo
8. Masjid Dzikrullah, Duri Pulo
9. Masjid Al Ikhlas, Duri Pulo
10. Masjid Jami’ Idzarulhaq, Duri Pulo
11. Masjid Nurussamanyah, Duri Pulo
12. Masjid Miftahussalam, Duri Pulo
13. Masjid At Taqwa, Cideng
14. Masjid Al Ikhsan, Cideng
15. Masjid Al Ikhwan, Cideng
16. Masjid Hablul Muttaqien, Gambir
17. Masjid Suluh Islam, Petojo Selatan
18. Masjid As Syarief, Petojo Selatan
19. Masjid Jami An Nur, Petojo Selatan
20. Masjid Baiturohman, Petojo Selatan
21. Masjid Al Mukarroman, Petojo Selatan

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

AC Milan ucapkan Selamat Maulid Nabi Muhammad

AC Milan Ucapkan Selamat Maulid Nabi Muhammad Kepada Fans Beragama Islam

Milan – Klub sepakbola AC Milan memberi ucapan selamat Maulid Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. …

Ken Setiawan di UM Metro

Ken Setiawan: Ribuan Kelompok Radikal yang Mengatasnamakan Agama di Lampung Masih Gentayangan

Lampung – Pendiri Negara Islam Indonesia (NII) Crisis Center Ken Setiawan mengaku prihatin terhadap fenomena …