ahmad riza patria
ahmad riza patria

Wagub DKI Mohon Pengurus Masjid Paham Situasi, Tidak Gelar Salat Jumatan di Masa PPKM Darurat

Jakarta – Sejak dikeluarkanya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dari tanggal 03 – 20 Juli 2021 masih banyak masyarakat yang belum menerapkan sepenuhnya aturan PPKM Darurat, bahkan beberapa perkantoran yang tidak masuk dalam kategori kritikal karyawanya masih masuk kantor.

Selain aktifitas perkantoran yang belum maksimal dalam menjalankan kebijakan PPKM Darurat, beberapa masjid di Jakarta juga masih menggelar shalat jumat, padahal salah satu point dalam PPKM adalah meniadakan shalat jumat berjamaah diganti dengan shalat Zuhur dirumah masing-masing untuk menjaga keselamatan bersama.

Atas kebijakan yang belum sepenuhnya dilaksanakan,  Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta agar masjid di Jakarta tidak menggelar Salat Jumat saat PPKM Darurat. Riza menegaskan hal itu demi keselamatan bersama.

“Masih ada beberapa masjid menurut beberapa laporan, untuk itu kita meminta jemaah, para pengurus masjid untuk mohon bisa memahami dan mengerti semua ini dilakukan untuk keselamatan diri kita, keluarga kita dan keselamatan kita,” kata Riza kepada wartawan, seperti dikutip dari laman detikcom. Jumat (9/7/2021).

Riza meminta agar masyarakat Jakarta memahami aturan ditiadakannya sementara ibadah di masjid. Dia berharap tak ada lagi kegiatan yang tak sesuai dengan aturan PPKM Darurat.

“Jadi dimohon bisa dipahami jangan lagi ada kegiatan yang tidak sesuai dengan PPKM darurat, termasuk kegiatan ibadah di wilayah DKI Jakarta dilakukan di rumah masing-masing,” ucap Riza.

Seperti diketahui, ada sejumlah masjid di DKI Jakarta tetap menggelar Salat Jumat berjamaah saat PPKM Darurat. Dari laporan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Salat Jumat berjamaah digelar masjid-masjid di Jakarta Pusat hingga Jakarta Utara. Ada beberapa jemaah bahkan tampak tidak memakai masker.

Baca Juga:  Vaksinasi Covid-19 di Bulan Ramadan Tak Batalkan Puasa

Seperti dua masjid di Sunter, Jakarta Utara, yakni Masjid Jami’ Al-Mukhlis dan Masjid Khoirul Biqo, yang masih menggelarsalat Jumat.Saf meluas hingga ke badan jalan.

Selain dua masjid di Sunter, ada tiga masjid di Koja, Jakut, juga menggelar salat Jumat. Ketiga masjid itu adalah Masjid Al Ittihad, Masjid Al Muflihin, dan Masjid An Anfal.

Tidak hanya di masjid-masjid kawasan Jakarta Utara, salat Jumat berjemaah saat PPKM Darurat juga digelar di kawasan Jakarta Pusat. DMI mengungkap ada 21 masjid di Gambir yang menggelar salat Jumat pada Jumat (9/7).

Berikut ini daftar 21 masjid di Gambir yang menggelar salat Jumat:

1. Masjid Al Qorieb, Petojo Utara
2. Masjid Jami Khairil Biqo, Petojo Utara
3. Masjid Jami’ Nurun ‘Ala Nurin, Petojo Utara
4. Masjid Jami’ An Nur, Petojo Utara
5. Masjid Jami’ Al Ikrom, Petojo Utara
6. Masjid Al Huda, Duri Pulo
7. Masjid Syiar Islam, Duri Pulo
8. Masjid Dzikrullah, Duri Pulo
9. Masjid Al Ikhlas, Duri Pulo
10. Masjid Jami’ Idzarulhaq, Duri Pulo
11. Masjid Nurussamanyah, Duri Pulo
12. Masjid Miftahussalam, Duri Pulo
13. Masjid At Taqwa, Cideng
14. Masjid Al Ikhsan, Cideng
15. Masjid Al Ikhwan, Cideng
16. Masjid Hablul Muttaqien, Gambir
17. Masjid Suluh Islam, Petojo Selatan
18. Masjid As Syarief, Petojo Selatan
19. Masjid Jami An Nur, Petojo Selatan
20. Masjid Baiturohman, Petojo Selatan
21. Masjid Al Mukarroman, Petojo Selatan

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

AC Milan ucapkan Selamat Maulid Nabi Muhammad

AC Milan Ucapkan Selamat Maulid Nabi Muhammad Kepada Fans Beragama Islam

Milan – Klub sepakbola AC Milan memberi ucapan selamat Maulid Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. …

Ken Setiawan di UM Metro

Ken Setiawan: Ribuan Kelompok Radikal yang Mengatasnamakan Agama di Lampung Masih Gentayangan

Lampung – Pendiri Negara Islam Indonesia (NII) Crisis Center Ken Setiawan mengaku prihatin terhadap fenomena …