Sufmi Dasco Ahmad
Sufmi Dasco Ahmad

Keputusan Pembatasan Haji oleh Arab Saudi Sejalan Dengan Langkah Indonesia

Jakarta – Sebelum Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan keputusan pembatasan haji hanya untuk jemaah lokal, Pemerintah Indonesia telah lebih dulu memutuskan pembatalan pemberangkatan jemaah haji tahun 2020. Alasannya demi untuk keselamatan jemaah di tengah pandemi Covid-19.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menilai keputusan Arab Saudi membatasi jemaah pada penyelenggaraan ibadah haji 2020 hanya untuk orang-orang yang berada di negaranya, sudah sejalan dengan langkah pemerintah Indonesia.

 “Memang sejalan dengan langkah pemerintah Indonesia yang tidak mengirimkan jemaah haji, itu sudah sejalan karena memang gejala-gejala awal atau tanda-tanda awal bahwa pemerintah Arab Saudi itu tidak menerima jemaah dari banyak negara termasuk Indonesia,” kata politisi Partai Gerindra ini di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (23/6/2020).

Menurutnya, DPR menghormati keputusan Arab Saudi yang membuka ibadah haji tahun ini dengan tidak menerima jamaah dari negara-negara lain, kecuali yang sekarang sudah berada di Saudi. Keputusan tersebut untuk keselamatan jamaah.

Sufmi Dasco menilai Indonesia sudah memprediksi bahwa Arab Saudi tak menerima jamaah haji dari luar, sehingga Kementerian Agama memutuskan tak memberangkatkan jamaah haji tahun ini.

“Itu sudah kelihatan ketika dari pihak kementerian agama itu akan mengkoordinasikan soal penginapan dan soal catering itu sudah jauh-jauh hari memang tidak bisa komunikasi,” kata Sufmi.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  200 Ulama Ikuti KTT Ulama 2020 Bahas Resolusi Pembebasan Masjid al-Aqsa dari Cengkeraman Israel

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

jemaah khilafatul muslimin deklarasikan setiap pada pancasila dan nkri

Nyatakan Setia Pada Pancasila dan NKRI, 53 Anggota Khilafatul Muslimin di Jatim Deklarasi Dihadapan Kapolda, NU dan Muhammadiyah

Surabaya – Pasca penangkapan pemimpin Khilafatul Muslimin, Abdul Qadir Hasan Baraja di Lampung, beberapa ketua …

menpan rb tjahjo kumolo di kota magelang kamis

Innalillahi Wainnailaihi Rojiun, Tjahjo Kumolo Berpulang Kerahmatullah

Jakarta – Innalillahi Wainnailahirojiun, telah berpulang kerahmatullah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) …