064408000 1609329335 830 556
064408000 1609329335 830 556

Dana Asing Mengalir Direkening FPI, Polri Diminta Telusuri Motifnya

JAKARTA – Temuan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) terhadap adanya dana asing mengalir ke rekening Ormas yang telah dibubarkan pemerintah yaitu Front Pembela Islam (FPI) harus ditelusuri oleh pihak Kepolisian secara mendalam.

Selama ini dana asing yang tidak diketahui peruntukanya banyak disalah gunakan untuk mendanai aksi radikalisme hingga terorisme, dengan adanya temuan dana asing dari PPATK direkenning FPI maka patut ditelusuri lebih jauh sampai sejauh mana aliran dana dan penggunaanya.

Direktur Eksekutif Jaringan Moderat Indonesia Islah Bahrawi meminta kepolisian menelusuri aliran dana asing ke FPI. Hal tersebut menyusul temuan PPATK terkait transaksi lintas negara dalam rekening milik orang-orang yang terafiliasi dengan FPI.

“Berkaca dari berbagai kasus pendanaan terhadap kelompok radikal, tindakan PPATK membekukan beberapa rekening FPI itu sudah tepat karena memang ini modus operandi yang sering dilakukan oleh kelompok-kelompok ekstrem kanan di Indonesia,” kata Islah dalam keterangan, seperti dikutip dari laman republika. Selasa (26/1).

Dia mengatakan bahwa pendanaan dalam gerakan radikal, ekstrim dan terorisme di Indonesia selalu menjadi persoalan. Lanjutnya, ketika penelusuran secara digital semakin ketat maka kelompok terorisme menggunakan jalur non-digital untuk transaksi.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Jenderal Senior Kopassus Ultimatum Beking Eks Ormas Terlarang FPI

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

PMII

ACT Terindikasi Pendanaan Terorisme, PMII Sarankan Kader Lebih Selektif Memilih Lembaga Filantropi

Jakarta —  Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menemukan transaksi yang diduga berkaitan dengan …

menko pmk muhadjir effendy

Resmi Cabut Izin PUB ACT, Pemerintah Sisir Izin Lembaga Pengumpul Donasi Lain

Jakarta – Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT) sedang dalam sorotan karena terindikasi menyelewengkan dana umat, …