Masjid Al Nuri di kota Mosul hancur lebur akibat ulah ISIS
Masjid Al Nuri di kota Mosul hancur lebur akibat ulah ISIS

Dihancurkan ISIS, Masjid Tempat Deklarasi Al-Baghdadi Segera Dibangun Lagi

Mosul – Kelompok arsitek asal Mesir menjadi pemenang kompetisi yang akan membangun Masjid Agung Al-Nuri di Mosul, Irak. Masjid dari abad ke-12 itu dihancurkan oleh ISIS pada Juni 2017, ketika pasukan pemerintah bergerak untuk merebut kembali kota itu. Tiga tahun sebelum penghancuran tersebut, Pemimpin ISIS Abu Bakar Al-Baghdadi memprokalamasikan kekhalifahan di masjid tersebut.

Dikutip dari BBC, pembangunan kembali Masjid Al-Nuri merupakan bagian dari proyek PBB Pembangunan Kembali Semangat Mosul. Delapan arsitek Mesir, dengan desain Dialog Halaman mereka terpilih dari 123 kandidat.

“Pembangunan kembali Masjid Al-Nuri akan menjadi peristiwa penting bagi proses memajukan rekonsiliasi kota yang dilanda perang,” tutur Kepala Agensi Kebudayaan UNESCO, Audrey Azoulay.

Akan ada beberapa perubahan, meski aula peribadahan akan terlihat seperti sebelum penghancuran. Perubahan itu termasuk penggunaan cahaya natural dan ruang untuk perempuan dan pejabat.

Masjid Agung itu sebelumnya dinamakan dari Nur Al-Din Mahmoud Zangi, figur yang mempersatukan pasukan Muslim saat menghadapi Tentara Salib Kristen. Nur al-Din Mahmoud Zangi, juga yang memerintahkan pembangunannya pada 1172.

Bangunan itu terkenal dengan menara miringnya yang dijuluki Al-Hadba atau Si Bungkuk, dan telah rusak para selama pertempuran Mosul. Pertempuran di Mosul berlangsung nyaris selama sembilan bulan, dan membuat sebagian besar kota menjadi reruntuhan.

Ribuan warga terbunuh, dan lebih 900.000 penduduk dipindahkan. Pembangunan masjid tersebut rencananya dimulai pada tahun ini.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  AS Labeli 5 Pemimpin Kelompok ISIS Mozambik, Jama’at Nusrat al-Islam wal-Muslimin, dan Al-Shabaab Dalam Daftar Teroris

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

PMII

ACT Terindikasi Pendanaan Terorisme, PMII Sarankan Kader Lebih Selektif Memilih Lembaga Filantropi

Jakarta —  Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menemukan transaksi yang diduga berkaitan dengan …

menko pmk muhadjir effendy

Resmi Cabut Izin PUB ACT, Pemerintah Sisir Izin Lembaga Pengumpul Donasi Lain

Jakarta – Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT) sedang dalam sorotan karena terindikasi menyelewengkan dana umat, …