Boneka arwah digendongan para keluarga selebriti
Boneka arwah digendongan para keluarga selebriti

Fenomena Boneka Arwah, Komisi VIII DPR RI: Lebih Baik Adopsi Anak Yatim atau Telantar

Jakarta – Akhir-akhir ini selebritis Indonesia tengah dihebohkan dengan fenomena mengadopsi boneka arwah atau spirit idol. Ivan Gunawan, Nikita Mirzani, Lucinta Luna, Ruben Onsu, dan Roy Kiyoshi telah memiliki boneka arwah yang rata-rata didatangkan dari Rusi.

Menanggapi fenoma ini, Ketua Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PAN, Yandri Susanto, mengingatkan masyarakat sebaiknya mengadopsi anak terlantar atau yatim piatu ketimbang mengadopsi boneka arwah.

“Ya sebaiknya dialihkan ke hal-hal yang positif ya, dalam artian bisa mengadopsi anak-anak yang terlantar atau yatim piatu. Jadi jangan sampai salah arah,” ujar Yandri, Kamis (6/1/2022).

Menurutnya, banyak pihak dari sesama manusia yang lebih layak untuk diadopsi ketimbang mengadopsi boneka. Dia menyayangkan ramainya tren tersebut di tengah masyarakat.

“Ya kalau mau mengadopsi tentu banyak yang lebih layak untuk diadopsi, kan, yang benar-benar punya kriteria untuk diadopsi, artinya banyak orang yang nggak mampu, mungkin ada anak-anak yang terlantar, mungkin itu lebih menyentuh makna kata adopsi sendiri,” ujar Yandri.

“Saya ikut menyayangkan kalau itu memang menjadi semacam kebiasaan atau tren dari kalangan orang-orang berada, apalagi public figure. Jadi sebaiknya kasih contoh itu ya contoh yang lebih bermakna, dalam artian, saya sarankan untuk mengadopsi orang-orang yang benar-benar membutuhkan uluran tangan,” ungkap Yandri.

Dia menyebut masih banyak masyarakat yang perlu dibantu oleh kalangan ekonomi atas, seperti para artis, di tengah situasi pandemi. Dia menyebut, boneka arwah yang dikaitkan dengan hal-hal mistik justru cenderung menyesatkan.

“Kalau kita mengadopsi anak yatim atau orang tidak mampu, ada kekuatan di situ. Ada makna sebagai manusia untuk mencintai sesama. Tapi kalau dikaitkan dengan mistik, kemudian bisa melakukan sesuatu dengan hal yang berbau mistik ini menurut saya tidak positif, cenderung menyesatkan,” katanya.

Baca Juga:  Ramadhan di Tengah Pandemi Corona, Artis Muslim Inggris Ajak Ibadah di Rumah Saja

“Kalau ingin mengadopsi, adopsilah orang-orang yang benar-benar perlu diadopsi,” tandas Yandri.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

muslim houston amerika serikat rayakan idul fitri dengan menggelar festival

Komunitas Muslim Houston bagikan Makan Gratis Tunawisma

JAKARTA – Islam adalah agama rahmatan lil’alamin, rahmat yang bukan saja untuk umat Islam namun …

ilustrasi logo nahdlatul ulama

Konbes NU 2022 Lahirkan 19 Peraturan untuk Perkuat Landasan Jam’iyah Optimalisasi Khidmah

JAKARTA – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menggelar Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (Konbes NU) 2022 …