menteri agama yaqut cholil qoumas atau gus yaqut
menteri agama yaqut cholil qoumas atau gus yaqut

IAIN Pekalongan Resmi Jadi UIN Gus Dur Setelah Diresmikan Menag

Jakarta – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan resmi berganti nama menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Peresmian dilakukan langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas dengan menekan tombol sirine bersama Inayah Wulandari Wahid sebagai perwakilan keluarga Gus Dur, serta sejumlah pejabat termasuk Rektor UIN Gus Dur Zaenal Mustakim.

“Gus Dur adalah humanisme itu sendiri. Didiklah mahasiswa yang ada di sini sebagai seorang humanis,” kata Yaqut dalam pidatonya di Kampus UIN Gus Dur, Pekalongan, Jawa Tengah, seperti dilansir dari laman cnnindonesia.com Selasa (27/9) malam.

“Ajarkan para mahasiswa akan kasih sayang agar mereka mampu memanusiakan manusia lain dengan kasih sayang,” lanjutnya.

Sebelumnya, Zaenal Mustakim selaku rektor menyampaikan bahwa usulan pergantian nama awalnya diajukan oleh Yaqut. Ia menjelaskan tidak ada penolakan dari kalangan internal terhadap usulan tersebut.

Zaenal juga mengatakan kalangan internal menaruh harapan besar dengan disematkannya nama Gus Dur yang dikenal sebagai salah satu tokoh Islam paling berpengaruh di Indonesia.

“Kami menyambut usulan ini dengan senang dan gembira. Tidak ada penolakan, bahkan nama ini justru menyatukan,” kata Zaenal.

“Kami berharap UIN Gus Dur ini dapat berkarya dan berkontribusi bagi bangsa dan negara. Bahkan, kami harap dapat berkontribusi bagi dunia,” lanjutnya.

Sejumlah pejabat dari berbagai instansi turut menghadiri peresmian nama kampus tersebut. Beberapa di antaranya yakni Anggota Komisi VIII DPR RI Nurhuda, Dirjen Pendis Kemenag Ali Ramdhani, serta Kepala Kanwil Jawa Tengah Mustain.

Selain itu, peresmian itu juga dihadiri staf Ahli Bidang Hukum dan HAM Abu Rokmad, Dirjen Bimas Hindu I Nengah Duija, dan sejumlah staf khusus Menag hingga Forkopimda Kabupaten Pekalongan.

 

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Rakernas FKUB di Palu

Tingkatkan Kerukunan dan Harmonisasi Umat, Moderasi Beragama Direkomendasikan Masuk Kurikulum Pendidikan Nasional

Palu –  Moderasi beragama perlu dimasukkan dalam kurikulum pendidikan nasional untuk diajarkan di semua satuan …

icmi akan terus berperan sebagai pelopor aksi transformasi bangsa

Ketua ICMI: ICMI Akan Bekerja Atas Nafas Keislaman dan KeIndonesiaan

JAKARTA – Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) akan terus menjadi salah satu organisasi yang menginspirasi …