Screen Shot 2021 05 29 at 3.22.09 PM
Screen Shot 2021 05 29 at 3.22.09 PM

Ini Klarifikasi Ustaz Khalid Basalamah: Saya Bangga Sekali Jadi Warga Indonesia

Jakarta – Sebuah potongan video ceramahnya Ustadz Khalid Basalamah sempat viral dan menuai kontroversi, karena dalam potongan video tersebut sang Ustadz menjawab pertanyaan seorang jamaah yang menanyakan tentang lagu Indonesia Raya, sang Ustadz kemudian menjawab tidak usah mengikuti menyanyikan lagu tersebut (Indonesia Raya).

Setelah ramai diperbincangkan warganet dan menjadi viral, Ustadz Khalid Basalamah memposting video klarifikasi terkait apa yang dia maksud dalam video tersebut, bahwa konteks jawabanya adalah ketika orang terebut merasa terbebani ikut menyanyikan. Lebih lanjut dalam videonya, Ustadz Khalid menyatakan bahkan dia bangga menjadi warga negara Indonesia.

“Saya bangga sekali menjadi warga Indonesia dan saya akan terus memperjuangkan kemerdekaan Indonesia,” ujar Ustaz Khalid dalam akun YouTube Khalid Basalamah Official seperti dikutip dari laman detikcom, Sabtu (29/5/2021).

Ustaz Khalid mengatakan bentuk kecintaannya terhadap Indonesia adalah dengan berdakwah menyebarkan ajaran agama Islam.

“Menyuruh jujur, amanah, tanggung jawab, berbakti kepada orang tua. Begitu juga dengan melarang dari semua hal-hal yang buruk mencuri, menggibah, memfitnah, menipu,” imbuh Ustaz Khalid Basalamah.

“Kemudian mendukung pemerintah dalam setiap kegiatan positif, melarang dan meredam masyarakat yang ingin membuat keonaran dan pemberontakan yang selalu kami kumandangkan agar kita semua dapat bersinergi dalam menjaga ketenteraman dan juga kemakmuran Indonesia,” jelas Ustaz Khalid Basalamah.

Klarifikasi Ustaz Khalid Basalamah

Dalam video yang beredar, tampak Ustaz Khalid Basalamah membacakan sebuah pertanyaan dari seorang penanya mengenai lagu Indonesia Raya. Kala itu, sang penanya menanyakan agenda rutin di sekolah anaknya, yakni menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Sang penanya khawatir anaknya ditegur guru bila tidak menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kala itu Ustaz Basalamah menjawab:

“Saran saya, nggak usah ikut! Nggak usah ikut (menyanyikan Indonesia Raya),” kata Ustaz Khalid Basalamah dalam video.

Baca Juga:  Ini 5 Rekomendasia Munas Alim Ulama NU

Dalam akun YouTube Khalid Basalamah Official, Ustaz Khalid Basalamah buka suara. Ustaz Khalid menjelaskan peristiwa dalam video itu terjadi di salah satu masjid di Jatinegara pada 2017.

“Sesuai dengan pertanyaan itu, maka saya menjawab pada saat itu tidak usah Anda (penanya) ikut (bernyanyi), dalam arti kata dia sendiri merasa terbebani, karena pada saat disuruh ikut (bernyanyi),” kata Ustaz Basalamah

Ia berharap Allah SWT memberikan hidayah bagi orang-orang yang menjadikan video tersebut sebagai isu untuk memecah belah persatuan dan kesatuan rakyat Indonesia.

“Dengan cuplikan ini, saya berharap isu yang sedang tersebar yang menyatakan bahwasanya kesannya ‘Saya ini melarang mengikuti nyanyian atau lantunan syair Indonesia Raya’ ini bisa dipahami dengan akal yang sehat,” lanjutnya.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

20210923170611

Taliban Akan Kembali Berlakukan Hukum Potong Tangan

KABUL – Pasca berhasil menguasai Afganistan, Taliban selalu menjadi perbincangan, berbagai spekulasi dan analisis diutarakan oleh …

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berbicara di depan Majelis Umum PBB

Turki di Garis Terdepan Perang Melawan Islamofobia

New York – Turki siap mengambil peran utama dalam berperang melawan Islamofobia di komunitas internasional. …