terkabulnya doa
terkabulnya doa

Inilah Doa Sedih Rasulullah Ketika Berpisah dengan Ramadan

Ramadan adalah bulan istimewa dan sangat dinantikan. Umat Islam selalu berharap akan diberikan kesempatan untuk bertemu berkali mengisi bulan berkah tersebut. Ketika sudah berpisah dengan Ramadan, ada kesedihan yang mendalam. Akankah bulan ini terakhir bagi diri kita?

Umat Islam akan selalu mengimpikan untuk selalu bersua denga Ramadan. Ketika Ramadan ini segera berpisah ada perasaan khawatir dan sedih, apakag ini Ramadan terakhir saya?

Dalam riwayat Jabir bin Abdullah disebutkan bahwa Rasulullah selalu mengingatkan umatnya juga untuk membaca doa di akhir Ramadan.

اللَّهُمَّ لاَ تَجْعَلْهُ آخِرَ الْعَهْدِ مِنْ صِيَامِنَا إِيَّاهُ، فَإِنْ جَعَلْتَهُ فَاجْع لْنِيْ مَرْحُوْمًا وَ لاَ تَجْعَلْنِيْ مَحْرُوْمًا

Artinya: “Ya Allah janganlah Engkau jadikan bulan Ramadan ini sebagai Ramadan terakhir untuk kami berpuasa. Jika pun Engkau mentakdirkan ini Ramadan terakhir, jadikanlah aku orang yang mendapat rahmat-Mu, jangan Engkau jadikan aku orang yang malang”.

Doa perpisahan ini menyiratkan tentang dua hal harapan besar. Pertama agar diberikan kesempatan dan kekuatan oleh Allah untuk bertemu dengan Ramadan. Kedua, memohon kepada Allah agar Ramadan yang sudah kita jalani diterima.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Tata Cara Qunut Nazilah untuk Melindungi dari Musibah dan Bencana Besar

About Imam Santoso

Avatar of Imam Santoso

Check Also

bulan muharram

Bulan Muharram : Sejarah Persatuan, Perpecahan dan Tragedi Politik dalam Islam

Bulan Muharram merupakan bulan pertama dalam kalender hijriyah yang memiliki sejarah penuh makna. Banyak kejadian …

Haji

Tidak Bisa Haji dapat Pahala Haji : Ulama Besar Pun Kaget dengan Amalan Tukang Sol Sepatu Ini

Abu Abdurrahman Abdullah bin al-Mubarak al-Hanzhali al Marwazi yang merupakan ulama terkenal di Makkah pada …