KH Nawawi Abdul Djalil
KH Nawawi Abdul Djalil

Innalillahi Wainnailaihi Rojiun, Pengasuh Ponpes Sidogiri KH. A. Nawawi Abdul Djalil Wafat

Jakarta –  Kabar duka datang dari Pondok Pesantren (Ponpes) Sidogiri, Pasuruan. Pengasuh Ponpes Sidogiri yang juga salah satu Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH. A. Nawawi Abdul Djalil wafat, Minggu (13/6/2021).

“Innalillahi wainna Ilaihi raji’un telah wafat KH A Nawawi bin Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogri, sekaligus Mustasyar PBNU,” ujar dalam keterangan tertulis Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah yang juga sekaligus alumni Pesantren Sidogiri, KH M Cholil Nafis, Minggu (13/6/2021).

Kiai Nawawi Abdul Djalil melanjutkan kepemimpinan pondok pesantren Sidogiri sejak 2005. Di menggantikan pengasuh Pesantren Sidogiri sebelumnya, KH Abdul Alim bin KH Abdul Jalil yang wafat pada 2005.

Semasa hidupnya, Kiai Nawawi mengasuh Pesantren Sidogiri menjadi model pesantren mandiri melalui pengembangan BMT-BMT Syariah yang menyebar, terutama di hampir setiap kabupaten di Jawa Timur. 

Kiai Nawawi juga dikenal sebagai pengasuh Pesantren Sidogiri yang sangat dekat dengan para santrinya. Dia kerap mengontrol sendiri kamar-kamar santri di malam hari.Dia menginginkan para santri beribadah dan memuthala’ah (mempelajari) pelajaran di malam hari.

“Kepada segenap alumni dan umat Islam marilah melakukan salat ghaib,” kata Kiai Cholil.

Pesantren Sidogiri sendiri didirikan pada 1745 M oleh Sayyid Sulaiman bin Abdurrahman Basyaiban (yang wafat pada 1766 M). Sayyid Sulaiman tidak lain keturunan keempat Syekh Syarif Hidayatullah yang biasa dikenal dengan Sunan Gunung Jati.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Intoleransi Terhadap Kepercayaan Lain Melanggar Konstitusi

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

AC Milan ucapkan Selamat Maulid Nabi Muhammad

AC Milan Ucapkan Selamat Maulid Nabi Muhammad Kepada Fans Beragama Islam

Milan – Klub sepakbola AC Milan memberi ucapan selamat Maulid Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. …

Ken Setiawan di UM Metro

Ken Setiawan: Ribuan Kelompok Radikal yang Mengatasnamakan Agama di Lampung Masih Gentayangan

Lampung – Pendiri Negara Islam Indonesia (NII) Crisis Center Ken Setiawan mengaku prihatin terhadap fenomena …