kh a nawawi abdul 210613172848 424
kh a nawawi abdul 210613172848 424

Indonesia Berduka, KH Nawawi Abdul Djalil Pesantren Sidogiri Wafat

JAKARTA –  Innalillahi Wainnailahirojiun Indonesia kembali berduka, salah seorang kiai sepuh wafat meninggalkan ribuan santri yang telah membersemai bersama beliau puluhan tahun.

KH A Nawawi Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri, Jawa Timur menghembuskan nafas terakhir pada Ahad (13/6) sekira pukul 16.40 WIB. Selain menjadi pengasuh Ponpes Sidogiri beliau juga merupakan Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Kiai Nawawi dikenal sebagai kiai yang kharismatik dan sangat sederhana, dalam era kepemimpinan di Ponpes Sidogiri beliau telah berhasil membawa Sidogiri menjadi Pesantren yang mandiri dengan ribuan badan usaha yang berada di daerah Jawa Timur.

Lompatan besar menjadikan Ponpes Sidogiri menjadi salah satu pesantren yang mandiri kemudian banyak ditiru oleh Pesantren lainya, dengan melakukan pemberdayaan ekonomi mandiri.

Selain dikenal sebagai Pondok Pesantren tua, Sidogiri juga banyak melahirkan ulama dan tokoh nasional. Salah satunya adalah KH M Cholil Nafis yang merupakan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah dan Ukhuwah.  

Innalillahi wainna Ilaihi raji’un telah wafat KH A Nawawi bin Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogri, sekaligus Mustasyar PBNU,” ujar dalam keterangan tertulis Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah yang juga sekaligus alumni Pesantren Sidogiri, KH M Cholil Nafis pada Ahad, seperti dikutip dari laman republika.co.id (13/6). Dia mengajak segenap alumni dan umat Islam melakukan sholat ghaib. 

Kiai Nawawi Abdul Djalil melanjutkan kepemimpinan pondok pesantren Sidogiri sejak 2005. Di menggantikan pengasuh Pesantren Sidogiri sebelumnya, KH Abdul Alim bin KH Abdul Jalil yang wafat pada 2005. 

Semasa hidupnya, Kiai Nawawi mengasuh Pesantren Sidogiri menjadi model pesantren mandiri melalui pengembangan BMT-BMT Syariah yang menyebar, terutama di hampir setiap kabupaten di Jawa Timur.  

Baca Juga:  Kenalkan Islam, Muslim Irlandia Gelar ‘Open Mosque’

Kiai Nawawi juga dikenal sebagai pengasuh Pesantren Sidogiri yang sangat dekat dengan para santrinya. Dia kerap mengontrol sendiri kamar-kamar santri di malam hari. Dia menginginkan para santri beribadah dan memuthala’ah (mempelajari) pelajaran di malam hari.

Pesantren Sidogiri sendiri didirikan pada 1745 M oleh Sayyid Sulaiman bin Abdurrahman Basyaiban (yang wafat pada 1766 M). Sayyid Sulaiman tidak lain keturunan keempat Syekh Syarif Hidayatullah yang biasa dikenal dengan Sunan Gunung Jati.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Imam Besar Al Azhar dan Paus Franciskus

UIN Suka Akan Berikan Gelar HC Kepada Imam Besar Al Azhar dan Paus Franciskus

Jakarta –  Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga (Suka) Yogyakarta akan memberikan gelar Honoris Causa …

ibadah umrah di masa pandemi

Persiapkan Haji dan Umrah Sejak Dini, Kemenag Susun Skema Vaksin & Booster Untuk Calon Jemaah Umrah

Jakarta – Pelaksanaan ibadah haji telah dua kali ditunda akibat adanya pandemi Covid- 19. Terakhir …