Komjen purn Syafruddin
Komjen purn Syafruddin

Islam Moderat dan Toleransi Tinggi Harus Dijaga Untuk Perkuat Persatuan dan Keutuhan NKRI

Pacitan – Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Komjen (purn) Syaruddin Islam moderat dan praktik toleransi yang sangat tinggi di Indonesia banyak dikagumi bangsa-bangsa internasional. Karena itu Islam moderat dan toleransi harus terus dijaga untuk menjaga persatuan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Saya telah keliling lebih dari 50 negara, semuanya mengagumi Indonesia yang berpenduduk Islam mayoritas dan berpaham moderat dan toleransinya sangat tinggi,” ujar Syafruddin saat bersilaturahim dengan Pengasuh Pondok Pesantren Tremas di Pacitan, Jawa Timur, Kamis (24/2/2022).

Hal itulah, lanjut Syafruddin,  Indonesia mampu menjaga persatuan dalam keberagaman yang sangat luar biasa. “Keberagaman ini sangat mahal, harus dijaga bersama-sama,” imbuh Ketua Yayasan Indonesia Mengaji ini.

Ia mengungkapkan, tidak ada negara di luar Indonesia yang memiliki keragaman seperti di Tanah Air. “Tidak ada bangsa di dunia ini yang ragamnya seperti Indonesia, namun demikian bangsa dan rakyat Indonesia dapat menjaganya dengan baik,” tutur Syafruddin.

Ia berpesan agar persatuan dan kesatuan bangsa di tengah-tengah masyarakat dapat dijaga dengan baik. Menurutnya, seluruh umat harus bisa saling menghormati dan menghargai satu dengan lainnya.

Pengasuh Pondok Pesantren Tremas Gus Luqman Hakim Dimyati mengapresiasi sosok Syafruddin yang telah menjadi bagian penting dalam Forum Komunikasi Pesantren Muadalah. Menurutnya, Gus Syafruddin, sapaan dari para kiai pesantren ke Syafruddin, memiliki darah biru yang berasal dari keluarga ulama. Kakek dari Syafruddin tersambung kepada Syaikh Yusuf Al-Makasary.

“Saya tidak heran kalau Gus Syafruddin sejak dulu hingga kini dekat dengan para ulama dan pesantren. Bahkan saat ini beliau dikelilingi oleh para gus dan ulama, memang trahnya beliau adalah leluhurnya para ulama,” tutur Gus Luqman.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Masyaallah, Hafal Alquran 30 Juz, 2 Siswa Aliyah di Enrekang Dapat Beasiswa Kedokteran

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

raker penyelenggaraan ibadah haji

Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas Minta Santri Semangat Menuntut Ilmu Dan Lawan Kebencian Terhadap Santri Dengan Prestasi

Jakarta – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta kepada para santri untuk terus menuntut ilmu secara sungguh-sungguh, …

Sarasehan Penguatan Moderasi Beragama BNPT dan UMY

Cegah Virus Radikal Terorisme di Sekolah, BNPT Perkuat Moderasi Beragama Guru SMA/SMK se-DIY

Yogyakarta – Generasi Z dan generasi milenial antara usia 14-39 tahun menjadi generasi yang paling …