Contoh toleransi
Contoh toleransi

Beragama Harus Berdasarkan Cinta Kasih Agar Tak Membenci Umat Beragama Lain

Jakarta – Setiap orang mesti beragama dengan dasar cinta kasih. Sehingga, tidak menimbulkan kebencian dalam merespons agama lain.

“Mencintai agama yang kita peluk, tidak harus dengan membenci agama orang lain,” kata pengarang buku ‘Intoleransi dan Radikalisme Kuda Troya Politik dan Agama’, Islah Bahrawi, melalui keterangan tertulis, Jumat (25/2/2022).

Islah menyebut agama Islam melarang sikap intoleran. Sebab, hal tersebut tak mencerminkan kasih sayang yang diajarkan Nabi Muhammad.

“Dalam Islam, sikap ini sangat dilarang. Karenanya, jangan pernah mencaci-maki keyakinan orang lain, karena agama akan kehilangan fungsinya,” kata dia.

Sikap intoleran disebut sebagai cikal bakal radikalisme. Perlu pemahaman beragama yang penuh toleransi untuk menghindari hal tersebut.

Menurut Islah, beragama seharusnya tak membuat orang gelisah dengan keyakinan pihak lain. Karena semua agama sejatinya berkonsep luhur dengan dasar kemanusiaan dan kedamaian.

“Menganggap paling benar terhadap keyakinan kita, tidak harus dengan menyalah-nyalahkan keyakinan orang lain,” kata dia.

Masyarakat diajak mengembalikan kehidupan beragama ke konsep awal, yakni kemanusiaan dan kedamaian. Kedua prinsip tersebut meski dijalankan secara utuh supaya fungsi agama tak melenceng.

“Agama akan kembali dalam daya tariknya, sebagai sarana untuk mempertebal rasa kemanusiaan, kedamaian, saling cinta dan saling mengenal satu sama lain,” kata Islah.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Bendung Radikalisme Dengan Dakwah Terus Menerus Tentang Islam Rahmatan Lil Alamin

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Syeikh Yusuf Al Qaradhawi

Innalillahi… Cendekiawan Islam Syeikh Yusuf Al Qaradhawi Wafat

Jakarta – Dunia Islam kembali kehilangan salah satu cendekiawan terbaiknya. Cendekiawan Islam dan Presiden Pendiri …

Masjid di Nigeria diserang teroris bersenjata saat digelar Salat Jumat

Salat Jumat Diserang Teroris Bersenjata di Nigeria, 15 Jamaah Tewas

Abuja- Aksi biadab terjadi di di negara bagian Zamfara, Nigeria barat laut, Jumat (23/9/2022). Sebuah …