Barang bukti yang ditemukan dari terduga teroris di Bogor
Barang bukti yang ditemukan dari terduga teroris di Bogor

Jebolan Kimia UI, Terduga Teroris Bogor Ahli Bom, Pegiat Jihad, Admin Akun Daulah

Jakarta – Densus 88 Antiteror Polri menangkap seorang terduga teroris berinisial KDW alias AA di Bogor, Jawa Barat, Senin (14/6/2021) malam lalu. Terungkap KDW ternyata lulusan Kimia Universitas Indonesia (UI) dan seorang ahli pembuat bom. KDW juga seorang pegiat jihad dengan ditemukannya buku-buku ajaran jihad  di rumahnya.

“Barbuk banyak sekali diamankan, selain buku ajaran jihad juga buku-buku bagaimana racikan bahan kimia dijadikan bahan peledak sebagai alat untuk ledakan. Beberapa buku lain tentang penyimpangan-penyimpangan dari sesuatu ajaran,” tutur Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (17/6/2021).

Menurut Ahmad, KDW juga aktif di sosial media. Bahkan dia juga mengajarkan cara meracik bahan kimia untuk dijadikan alat peledak.

“Yang bersangkutan juga sebagai admin di salah satu platform medsos. Yang sebarkan konten-konten daulah, juga berikan mengajarkan tata cara membuat atau menggunakan bahan peledak,” jelas Ahmad.

Saat penggeledahan di tempat KDW, Densus 88 mengamankan sejumlah barang bukti, di antaranya bahan baku pembuatan bom. Adapun bahan kimia yang diamankan seperti dekstran, magnesium sulfate, sodium borat, HCL, juga belerang. KDW juga diketahui sering menyebarkan konten daulah di berbagai akun sosial media pribadinya.

Sementara itu,  Kepala Biro Humas dan KIP UI Amelita Lusia membenarkan bahwa KDW merupakan lulusan UI Fakultas MIPA.

“Ya. Yang bersangkutan (KDW) alumni Kimia FMIPA UI,” ujar Amelita Lusia.

Amelita mengatakan KDW mulai berkuliah di UI pada 2009. Tak butuh waktu lama, KDW lulus 3 tahun kemudian pada 2012. Amelita menepis kabar kalau KDW adalah lulusan terbaik di UI kala itu. Dia juga enggan membeberkan keseharian KDW selama menjadi mahasiswa.

Baca Juga:  Arab Saudi Masih Lockdown, Dubes Ungkap Suasana Lebaran di Arab Saudi dan Mesir

“Bukan lulusan terbaik. Untuk pertanyaan ini (keseharian KDW selama masih mahasiswa) bukan di ranah kami,” tutup Amelita.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Jamaah umroh dari INdonesia

Konjen Arab Saudi Tegaskan Umroh Belum Dibuka untuk Jamaah Indonesia

Jakarta – Konsul Jenderal (Konjen) Arab Saudi Abdullah Muqed Al Mutiry menegaskan bahwa umroh belum …

penopang keunggulan al azhar mesir

Fatwa Al Azhar Izinkan Transplantasi Ginjal Babi ke Manusia Dalam Kondisi Tertentu

KAIRO – Kemajuan dunia medis telah membuat sejumlah penemuan luar biasa dalam bidang pengobatan untuk …