Gus Miftah sedang bercengkerama membahas musik dan terompet dengan Rio Sidik
Gus Miftah sedang bercengkerama membahas musik dan terompet dengan Rio Sidik

Kata Gus Miftah Ini Musik Yang Haram Menurut Islam

Jakarta – Beberapa hari ini dunia maya dihebohkan dengan video viral berisi komentar eks gitaris Noah, Uki yang mengatakan bahwa musik itu haram karena menjadi pintu masuk kemudharatan. Komentar itu langsung ramai dengan berbagai tanggapan.

Raja dangdut menilai komentar itu keliru karena musik nyatanya bisa menjadi jalan untuk berdakwah. Sementara Virgoun mengatakan, bahwa haram atau halal bermain musik itu tergantung dari pribadi masing-masing,

Pimpinan Pondok Pesantren Ora Aji, Gus Miftah pun tidak ketinggalan memberikan komentarnya. Dalam sebuah video, Gus Miftah mengutip kalimat penyair sufi, Jalaludin Rumi soal musik. Adapun ungkapan soal musik yang dinilai haram oleh Islam.

“Menurut Jalaluddin Rumi, musik yang diharamkan dalam Islam itu adalah ketika suara piring ketemu dengan sendok, dimainkan oleh orang kaya dan didengarkan oleh orang kelaparan. Itulah musik yang diharamkan dalam Islam,” kata Gus Miftah dikutip dari akun Instagram @gusmiftah.

Gus Miftah pun menyisipkan pesan. Jangan sampai hal yang dikatakan oleh Jalaludin Rumi itu terjadi di tengah masa pandemi Covid-19 ini.

“Musim pandemi seperti ini jangan sampai ada orang miskin yang hanya bisa mendengarkan suara piring dan sendok tanpa bisa menikmati isinya. Yuk, berbagi!” tutur Gus Miftah.

Saat berkomentar itu dalam tayangan di IG tersebut, Gus Miftah tengah mendengarkan suara terompet yang dimainkan Rio Sidik.

“Ketemu maestro terompet @riosidik Menemani bro @killthedj ngobrol yang tidak bermanfaat, ngudo roso yang mungkin juga tidak didengarkan oleh orang lain apalagi pejabat… Minimal atine lego dan plong ya broooo Iso gamblang,” tulis Gus Miftah dalam keterangan video yang diunggah di akun Instagramnya dilihat, Sabtu (28/7/2021).

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Kecam Wanita Hina Alquran dan Merah Putih, MUI: Tindak Tegas, Umat Tetap Tenang

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Ali Kalora

Pentolan Teroris Mujahidin Indonesia Timur Ali Kalora Tewas Ditembak Satgas Madago Raya

Palu – Setelah melakukan perburuan intensif, Satgas Madago Raya akhirnya berhasil menembak mati tokoh teroris …

Dr Adnan Anwar

Silaturahmi Nasional Penting Sebagai Sarana Tabayyun Dalam Menjaga NKRI

Jakarta – Dalam konteks berbangsa dan bernegara, persaudaraan tidak hanya dibangun atas dasar persamaan keyakinan, …