Doa Musibah Sriwijaya
Doa Musibah Sriwijaya

Kecelakaan Pesawat Sriwijaya Air, Keluarga Korban Baiknya Membaca Doa Ini

Pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJY- 182 rute  penerbangan Jakarta-Pontianak mengalami kecelakaan. Kabar ini tentu duka bagi kita. Terutama keluarga korban, pasti mengalami goncangan kejiwaan luar biasa. Orang tercinta yang diharap kedatangannya di Bandara Supadio Pontianak dan sampai ke rumah dengan selamat, tiba-tiba mengalami kecelakaan yang kemungkinan besar meninggal dunia.

Namun, apa hendak dikata, takdir telah merubah segalanya. Tuhan telah memanggil mereka tanpa ada satu kekuatan yang mampu menunda. Sebagaimana firman-Nya “Tiap-tiap yang bernyawa pasti akan merasakan mati. Dan kami akan menguji kamu dengan kebutuhan serta kebaikan sebagai cobaan. Dan hanya kepada Kamilah kamu akan dikembalikan”. (QS. al Anbiya: 35)

Sebagai muslim, di saat mengalami musibah dianjurkan untuk membaca doa dan tidak larut dalam kesedihan. Karena semua yang terjadi telah diatur semuanya oleh Allah. Manusia hanya bisa berencana, Tuhan penentunya.

Di antara doa yang diajarkan oleh Rasulullah disaat tertimpa musibah adalah:

إنا لله و إنا إليه راجعون اللهم أجرني في مصيبتي وأخلف لي خيرا منها

 Inna Lillahi wa Inna ilaihi Raji’un. Allahumma Ajirni fi Mushibati wa Akhlif Li Khairan minha.

“Sesungguhnya kami milik Allah, dan sesungguhnya hanya kepada-Nya kami akan kembali. Ya Allah, berilah aku pahala pahala dalam musibah yang menimpaku dan aku ganti yang lebih baik darinya”.

Syaikh Muhyiddin Abi Zakaria Yahya bin Syaraf al Nawawi dalam kitabnya al Adzkar menjelaskan, dalam Shahih Muslim disebutkan bahwa orang yang membaca doa tersebut saat tertimpa musibah, maka Allah akan memberinya pahala dan memberi ganti yang lebih baik.

Dengan membaca doa ini, kita telah dibimbing oleh Allah untuk memahami hakikat kehidupan. Bahwa semua milik-Nya, anak, orang tua, istri, saudara dan semua kerabat kita sejatinya hanya titipan dari Allah. Bila Ia berkehendak, kapanpun bisa mengambilnya tanpa bisa dihalangi siapapun.

Bagikan Artikel
Baca Juga:  Gosip akan Menggerogoti Pahalamu
Best Automated Bot Traffic

About Khotibul Umam

Avatar
Alumni Pondok Pesantren Sidogiri