ksal pimpin vaksinasi di ponpes garut
ksal pimpin vaksinasi di ponpes garut

KASAL Pimpin Secara Lansgung Vaksinasi Santri di Ponpes Ma’ruful Hidayah Garut

Garut – Vaksinasi Covid- 19 terus dilakukan oleh pemerintah untuk mencapai herd immuniti. Salah satu tempat yang menjadi sasaran vaksinasi adalah Pondok Pesantren, hal tersebut dikarenakan agar pesantren tidak menjadi kluster penyebaran Covid- 19.

Pesantren menjadi salah satu lembaga pendidikan yang kurang efektif dalam melaksanakan belajar secara online, oleh karena itulah untuk mendukung agar segera terwujud belajar secara tatap muka maka TNI Angkatan Laut (AL) menggelar vaksinasi di Ponpes Ma’ruful Hidayah, Garut. Santri dan warga kampung jadi sasaran disuntik vaksin.

Dilansir dari laman detikcom. Kegiatan vaksinasi di pondok pesantren yang terletak di Kampung Barukai, Desa Cigedug, Kecamatan Cigedug, Garut itu berlangsung Jumat (3/9/2021).

Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono meninjau langsung proses vaksinasi bertema Serbuan Vaksinasi COVID-19 bersama TNI AL ini.

“Ini merupakan program kita TNI AL bersama gabungan dari TNI-Polri dan kemenkes setempat,” kata Yudo kepada wartawan di lokasi, Jumat.

Seribuan santri serta warga kampung setempat jadi sasaran vaksinasi yang digagas TNI AL ini.

Mereka disuntik vaksin oleh nakes dan dokter yang disediakan oleh TNI AL dari Lantamal III, Jakarta.

Yudo mengatakan, pondok pesantren merupakan salah satu target vaksinasi dari TNI AL saat ini, setelah vaksinasi di kampung-kampung nelayan dan pesisir pantai sudah cukup terpenuhi.

“Dulu kebijakan saya banyak di daerah-daerah pesisir maupun di kampung-kampung nelayan. Nah, khususnya di Jawa ini, saya kira sudah banyak terpenuhi untuk di daerah-daerah pesisir sehingga target berikutnya adalah di sekolah-sekolah dan di pesantren seperti yang kita lihat sekarang ini,” katanya.

Dalam peninjauan proses vaksinasi massal di Ponpes Ma’ruful Hidayah ini, Yudo datang didampingi Kapolda Jabar Irjen Ahmad Dofiri serta Danrem 062/Tarumanagara Kolonel Inf. M Muchidin.

Baca Juga:  Cegah Covid-19, Pesantren Tebuireng, Hukum Santri Baca Al-Quran Bagi Yang Tidak pakai Masker

Selain itu, Bupati Rudy Gunawan, Kapolres AKBP Wirdhanto Hadicaksono dan Dandim Garut Letkol CZI Deni Iskandar juga hadir.

Yudo berharap program Serbuan Vaksinasi yang diselenggarakan TNI AL bisa mempercepat penanganan COVID-19 khususnya di daerah pelosok.

“Tentu tujuannya untuk mendukung pemerintah melakukan percepatan penanganan virus COVID-19 ini,” tutup Yudo.

Selain menyelenggarakan vaksinasi bagi warga kampung dan santri di wilayah tersebut, TNI AL juga membagikan bantuan sembako.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

pwnu dki jakarta menyalurkan keasiswa kepada santri

Peringati Hari Santri, PWNU DKI Jakarta Salurkan Beasiswa 200 Santri

JAKARTA  – Akar historis Hari Santri adalah tercetusnya Resolusi Jihad yang dikeluarkan oleh KH Hasyim …

Pondok pesantren

Pesantren Berperan Besar Sebarkan Ajaran Islam ke Seantero Nusantara

Jakarta – Pesantren berperan besar dalam memperkuat pendidikan Islam dan generasi bangsa. Melalui pesantren juga, …